Pemekaran Bunga mayang Masuk Agenda DPRD

0
461
(Hedri Kabag Hukum Pemkab. Lampura)
(Hedri Kabag Hukum Pemkab. Lampura)
(Hedri Kabag Hukum Pemkab. Lampura)

Lampung, Utara, buanainformasi.com-Masyarakat Sungkai Bungamayang (SBM) berharap kepada legislatif untuk mempercepat tahapan proses pembentukan kabupaten baru SBM. Jangan sampai masyarakat menunggu terlalu lama, terkait usulan yang diamanahkan kepada para wakil rakyat yang duduk di kursi dewan terhormat kabupaten setempat.

Setelah melalui proses panjang, akhirnya usulan masyarakat terkait pemekaran kabupaten baru Sungkai Bungamayang di Lampura masuk dalam agenda pembahasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten setempat. Dalam rapat paripurna usulan pembentukan kabupaten baru di aula sidang dewan, Senin (7/9).

Ketua Panitia Pemekaran Kabupaten Sungkai Bungamayang, mengatakan dengan masuknya usulan pemekaran kabupaten baru SBM (Sungkai-Bungamayang) di DPRD setempat, pihaknya berharap agar legislatif segera memprosenya. Agar kabupaten pemekaran tersebut dapat segera terbentuk, demi percepatan pembangun di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Way Kanan, Tubaba, dan Tulang Bawang ini.

“Kami masyarakat Sungkai Bungamayang mendoakan agar kelak pansus yang terbentuk dapat menjalankan amanah sesuai dengan peraturan yang berlaku.  Serta tidak menemui kendala berarti saat  memproses berkas diajukan oleh masyarakat tersebut. Sehingga kabupaten pemekaran dapat segera terbentuk, sebagaiman harapan rakyat disini,”kata dia, Selasa (8/9).

Menurut Hidayat, dirinya mewakili masyarakat mucapkan terima kasih kepada dewan Lampura, telah dimulainya tahapan proses dilakukan pihak DPRD. Terkait aspirasi masyarakat bunga mayang untuk memekarkan diri menjadi daerah otonomi baru dari pemekaran Lampura.

“Panitia pemekaran dan masyarakat berharap prosesnya tidak terlalu lama, sebagaimana diamanahkan dalam undang-undang. Untuk itu atas partisipasi semua pihak, kami mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Sementara itu, Pemkab Lampura siap mengawal aspirasi masyarakat tersebut, bersama-sama dengan DPRD agar dapat mempercepat proses di tingkat Kabupaten. Untuk melengkapi dan penyempurnaan aspirasi usulasan pembentukan sungkai bungmayang. Di tingkat daerah eksekutif membentuk panitia khusus, juga melakukan kajian pemekaran dengan pihak Universitas Lampung.

“Pemerintah bersama-sama DPRD siap mengawal proses pembentukan kabupaten baru SBM. Kami juga telah melakukan kajian dan pembentukan panitia khusus, guna percepatan proses di tingkat kabupaten. Agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu terbentuknya DOB,” kata Kabag Hukum Setkab Lampura, Hendri diruangannya Hari ini.(Basri)