Pembangunan Bidang Kesehatan dan Pendidikan Jadi Fokus Bupati Lambar

0
210

Lampung Barat, BITV –  Pembangunan bidang kesehatan dan pendidikan menjadi tema besar, Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin. Dan program tersebut sudah berjalan maksimal pasa tahun pertama, yakni 2018.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (Bappeda) Lampung Barat Okmal, mengatakan, APBD Lampung Barat TA 2018 dan 2019, bidang pendidikan dan kesehatan disamping bidang infrastruktur lain, menyedot anggaran terbesar.

Untuk Puskesmas type Paripurna kata Okmal, 2018 dibangun sembilan Puskemas Rawat Inap (PRI) di sembilan kecamatan, dan Tahun 2019 akan kembali dibangun di empat kecamatan. Sementara Ambulance Hebat pada 2018 sudah diadakan enam unit dan Tahun 2019 kembali akan diadakan empat unit.

“Bidang kesehatan dan pendidikan menjadi konsentrasi APBD TA 2018 dan 2019, sebagai contoh tahun lalu kita bangun bangunan megah Puskesmas Paripurna di sembilan kecamatan dan Tahun ini akan dibangun empat PRI, yakni di Kecamatan Sukau, Pagar Dewa, Kebun Tebu dan Air Hitam,” kata Okmal.

Sementara bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, mengatakan saat ini tugas kita menyiapkan pemimpin masa depan. Dan untuk melahirkan pemempin yang cerdas maka harus di dukung sarana pendidikan dan kesehatan yang berkwalitas.

“Kesehatan dan Pendidikan merupakan modal utama untuk melahirkan pemimpin cerdas, yang akan memimpin Lampung Barat bahkan bangsa pada masa yang akan datang, jadi saat ini kita investasi untuk menyediakan sarana dan prasarana,” kata Parosil, Jumat (18/1).

Bahkan Parosil, memiliki cita-cita Tahun 2019, masyarakat Lampung Barat yang sakit dan akan berobat di Puskesmas, dapat menghubungi ambulance hebat, sehingga akan dijemput langsung oleh petugas yang standby 24 jam.

“Tahun 2019, bagi masyarakat Lampung Barat yang sakit dan akan berobat di Puskesmas, tinggal hubungi ambulance hebat, maka akan langsung di jemput oleh petugas dan apabila sembuh akan diantarkan pulang,” jelas Parosil.

Untuk itu Parosil berharap, kedepan warga Lampung Barat tidak ada alasan lagi tidak mampu berobat dan tidak mampu sekolah, karena fasilitas yang disiapkan pemerintah sudah menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

“Selama ini alasan tidak sekolah karena tidak dapat beli seragam, mulai Tahun lalu sudah kita berikan secara gratis. Untuk pelayanan kesehatan selain program KIS, saat ini Puskesmas Paripurna yang ada di kecamatan masing-masing sudah  mampu memberikan pelayanan terbaik dengan alat kesehatan tidak kalah dengan yang ada Rumah Sakit,” jelas Parosil.(*)