PDIP Jadi Partai Ke-8 yang Dukung Jokowi di Pilpres 2019

0
266

Jakarta, buanainformasi.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menjadi partai kedelapan yang mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Sebelum PDIP telah ada tujuh partai lain yang telah menyatakan dukungannya.

“Dengan ini saya nyatakan, calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo,” kata Megawati dengan suara memekik dalam pidato pembukaan di Rakernas III PDIP, di Grand Inna Beach Hotel, Bali, 23 Februari 2018.

Suara pidato Megawati ini disambut sorak-sorai oleh ratusan kader yang hadir dalam rapat. “Siap dimenangkan?” kata Megawati sambil mengangkat tangan berbentuk metal. “Yooooooo!” teriak peserta Rakernas yang juga mengikuti gaya tangan metal Megawati.

Jokowi yang turut hadir dalam acara tersebut hanya tersenyum ketika ditanya ihwal pencalonannya sebagai presiden. Ia langsung masuk ke dalam mobilnya bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung. PDIP menjadi partai kedelapan yang mengusung Jokowi sebagai capres 2019.

 

NasDem menjadi partai pertama yang menyatakan dukungannya kepada mantan Wali Kota Solo itu. Dukungan itu disampaikan langsung Ketua Umum Surya Paloh saat deklarasi dukungan Ridwan Kamil menjadi kandidat Gubernur Jawa Barat, 19 Maret tahun lalu. Beberapa bulan kemudian, Paloh menegaskan dukungan tersebut.

Setelah NasDem, dukungan kepada Jokowi silih berganti dideklarasikan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, Perindo, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Di antara delapan partai pendukung Jokowi, hanya PKPI yang dinyatakan tak lolos Pemilu 2019 oleh KPU. Namun PKPI tengah menggugat KPU atas keputusan tersebut.

Namun, Jokowi sampai saat ini belum memiliki pendamping untuk mengisi posisi calon wakil presiden. Meski begitu, sejumlah nama telah mencuat ke permukaan antara lain Ketua Umum PPP Romarhumuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, hingga Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan. (lipsus)