Obat Tetanus Palsu Tersebar di Medan

0
597

Medan, buanainformasi.com-Telah ditemukannya obat anti tetanus palsu oleh BBPOM Medan Sumatera Utara, dengan modus mengganti label kemasan dengan obat alergi. Tindakan pemalsuan vaksin ini sudah berlangsung sejak tahun 2014 lalu dan sudah tersebar di sejumlah daerah. Jum’at, (01/07/2016)

Kepala BBPOM, Ali Bata Harahap menjelaskan bahwa sebaran obat tetanus palsu ini telah ditemukan di tiga daerah yakni Kota Medan, Binjai dan Kabupaten Padang Lawas.

Para pelaku menjual obat tetanus tersebut dengan harga Rp 120 ribu lebih murah Rp 30 ribu dibanding obat anti tetanus asli.

Menurut penjelasan dari para pelaku, mereka hanya menggunakan modal Rp 2 ribu untuk pembelian obat alergi. Lalu, label kemasannya diubah dengan tulisan anti tetanus.

“Kami mengungkap kasus ini dengan cara petugas menyamar menjadi pembeli. Para pelaku memasarkannya ke sejumlah apotek.” kata Ali, yang dikuti dari huntnews.id

Saat ini, kasus pemalsuan obat anti tetanus tersebut telah mengamankan empat orang pelaku. Seluruhnya sudah diserahkan ke Kejaksaan dan dinyatakan siap untuk disidangkan. (*)