Novi Andri: Ajak Masyarakat Memiliki Jamban

0
551
Novi Andri: Ajak Masyarakat Memiliki Jamban
Novi Andri: Ajak Masyarakat Memiliki Jamban

BUANAINFORMASI.COM-Kepala UPT Novy Andri, S.K.M,M.M, mengajak masyarakat untuk memiliki jamban, program tersebut dicanangkan sebagai langkah pihak kesehatan melalui puskesmas mengalihkan kebiasaan masyarakat yang masih belum memiliki jamban agar menggunakan jamban yang memenuhi standar kesehatan.Rabu (28/09/2016)

Pekon Sukajaya dijadikan lokasi program percontohan, sehingga target Pemerintah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dapat digenjot dengan maksimal

“Salah satu program kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang bersentuhan langsung dengan kelangsungan hidup warga, program pemukiman bebas dari buang air besar sembarangan serta kawasan tanpa rokok, dari program tersebut tentunya dapat mengajarkan masyarakat, untuk menerapkan hidup sehat tanpa tembakau,” kata Novi.

Menurut dia, masyarakat dapat diarahkan dan optimis program yang dicanangkan ini, mampu di laksanakan dengan masyarakat.

“Pekon Sukajaya sebagai lokasi program tersebut berdasarkan analisa kebutuhan masing-masing pekon. Saat ini pekon lebih memungkinkan dalam perjalanan program dan lebih mudah dalam penyelesaian masalah jamban, lantaran fasilitas masyarakat yang cukup baik,” terang Novi

Disamping program tersebut lanjut Novi, program pendukung lainnya yakni diberlakukannya Kawasan Bebas Rokok, hal itu sebagai pelengkat terciptanya Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Dengan menyeluruhnya rumah tangga memiliki jamban yang berstandar kesehatan dan sebagai kawasan tanpa rokok dan pekon Sukajaya menjadi sempel bagi pekon lain tetang penerapan PHBS,” ujarnya.

Lebih lanjut Novi menerangkan Sehingga program tersebut diharapkan akan mampu memacu pekon atau pemukiman lainnya di kecamatan itu untuk mengikuti program PHBS dipekon tersebut.

“Dengan nanti, maksimalnya dua program itu maka dengan sendirinya warga terbiasa dan mengetahui pentingnya kesehatan jasmani, melalui kebiasaan PHBS sebagaimana anjuran kesehatan. Sebab selama ini banyak warga yang tidak mengetahui secara persis tindakan apa saja yang dapat dilakukan untuk menerapkan PHBS, seperti penggunaan rokok contoh yang sudah menjadi kebiasaan,” ujarnya. (Romi Erlan)