Musim Penghujan, Bawang Dan Cabai Berangsur Naik

0
665

Lampung Utara, buana informasi-Pergantian musim yang ekstrim dari musim kemarau ke musim penghujan, berdampak pada kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok terutama sayur mayur, di pasar Sentral yang terletak di jalan Soekarno Hatta Kotabumi Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Provinsi Lampung. Minggu (20/12/2015)

Sejumlah harga sayur mayur mengalami kenaikan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai hijau. Untuk harga bawang merah sebelumnya Rp 15.000,/kg,naik menjadi Rp.25.000,/kg, harga bawang putih Rp.16.000,/kg naik menjadi Rp. 25.000/kg., cabai merah naik menjadi Rp.35.000,-/kg dari harga sebelumnya Rp. 30.000,-/kg sedangkan harga cabai hijau saat ini Rp 20000,/kg. sebelumnya Rp. 15000,-/kg.

Sulitnya  distributor sayur mayur menyuplai para pengecer di pasar sentral di sebabkan faktor cuaca yang susah untuk di prediksi pada saat musim hujan, apalagi hujan di lampung utara kerap terjadi pada malam hari di tambah lagi dari salah satu wilayah yang menjadi pemasok kebutuhan bahan pokok dari Sekincau dan Sumber jaya, Lampung Barat, saat ini Musim Tanam. Kata Erlan (40)  salah satu Pedagang.

Tambah erlan, sayuran yang kami jual dari, tomat, rampai, cabai merah, cabai hijau dan jenis lainnya adalah kiriman dari pengalengan bandung jawa barat. Sedangkan bawang merah dan bawang putih kami hanya mendapatkan kiriman dari brebes jawa tengah. Dengan menempuh jarak yang jauh di tambah faktor cuaca yang kurang baik menyebabkan pasokan sayur mayur terhambat, inilah salah satu faktor naiknya harga sayur mayur, tuturnya.

Erlan berharap Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas terkait dapat menyikapi harga sayuran yang berangsur naik, tutup Erlan. (Siswanto).