Menipis cinta Budaya Jati diri terancam punah

0
893

Lampung Utara, buanainformasi.com-Provinsi Lampung yang di kenal dengan sebutan ” Sang Bumi Ruwa Jurai ” selain memiliki  kesenian musik Adat Lampung, banyak Ragam Budaya yang menjadi Icon di  Provinsi Lampung, seperti halnya kesenian musik adat Jawa Tengah , kesenian musik adat Jawa Timur dan tarian Jaipong Adat Jawa Barat. (14/10/2015)

Seperti fenomena beberapa waktu yang lalu, di Desa Tamann Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara,  group kesenian musik dan tarian asal jawa barat JAIPONG  MAMA DONTO sumber wangi group , yang bealamat di jalan Sukaraja, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Dengan menempuh jarak  yang cukup jauh dari Bandar Lampung menuju Kotabumi, crew group musik ini tetap bersemangat menghibur para tamu undangan yang datang ke acara resepsi pernikahan salah satu warga setempat.

Menurut  Raup (45) kepala Dusun Sinar Mulya desa Taman Jaya, yang menjadi tamu undangan dalam  acara resepsi pernikahan  salah satu warganya yaitu Sriastuti dan  Bahrul Ulung, bahwa di desa Taman Jaya, kecamatan Kotabumi Selatan ini, di huni kurang lebih seribu dua ratus jiwa yang mayoritas warganya  berasal  dari daerah provinsi Jawa Barat  dan provinsi Banten. Ungkap dia

Memang benar, di desa kami ini setiap kami menggelar acara resepsi pernikahan , kami sering mengundang kesenian musik daerah Jawa Barat  JAIPONG, itupun kami mengundang dari luar kota,  dari Teluk Betung Tanjung Karang, walaupun tarifnya lumayan mahal, yang penting acara desa kami bisa meriah dan warga kami terhibur, bukan cuma masyarakat desa Taman Jaya , tetapi masyarakat lainnya yang  juga simpatik dengan Musik kesenian daerah paparan sunda ini. ujarnya

Kami sangat senang tinggal di lampung, yang di juluki  Sang Bumi Ruwa Jurai ini karena di Provinsi Lampung ini memiliki banyak sekali ragam budaya, seperti yang sedang di laksanakan kali ini,  kami bisa mengundang para pemain musik kesenian daerah jawa barat Jaipongan  dari teluk betung bandar lampung.

Raup menyampaikan, bahwa dirinya beserta  masyarakat desa Taman Jaya dan desa lainnya  berharap kepada pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan pemerintah Provinsi Lampung  agar  dapat memberikan Perhatian terhadap  Kesenian-kesenian  daerah, menggingat Provinsi Lampung yang di huni oleh beraneka ragam budaya Seperti  Adat Lampung Pribumi, adat Sunda dan budaya – budaya adat lainnya. Paparnya (sis Wanto)