Memasuki masa panen, Harga Beras mulai menurun

0
302

Bandar Lampung, BuanaInformasi.com – Beras merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia, namun beberapa waktu lalu konsumen dihebohkan dengan harga beras yang melonjak cukup tinggi di pasaran hingga membuat para ibu rumah tangga harus mengeluarkan uang lebih untuk kebutuhan pokok tersebut. Tapi beberapa hari ini harga beras sudah mulai menurun di pasaran.

Eni seorang pedagang beras di pasar tugu menyebutkan harga tersebut sudah turun dibandingkan beberapa waktu lalu yang melonjak sangat tinggi “harga beras sekarang sudah turun dibandingkan bulan lalu”, ujarnya.

Saat ini harga beras super berkisar antara 14.500 per kilo yang sebelumnya harga mencapai 15.000-16.000 per kilo, premium berkisar antara 12.500 per kilo, sebelumnya mencapai 13.000-13.500 per kilo, Sedangkan untuk beras kualitas rendah dibandrol dengan harga 10.500 per kilo sebelumnya harganya bisa mencapai 12.000. “harga beras turun sekitar 500 sampai 1000 per kilogram”. lanjut eni.

Eni menuturkan penurunan harga beras ini kemungkinan dipicu karena petani sudah memasuki masa panen , sehingga harga beras sudah mengalami sedikit penurunan dibandingkan bulan lalu. “harganya mulai turun karena sekarang ini sudah memasuki masa panen” kata Eni.

Selain Eni, Rahmat peagang beras lainnya juga menyebutkan jika harga beras saat ini sudah menurun tetapi belum normal, “harganya sudah mulai turun tapi belum normal, kalau beras cap mawar dulu harga sebelum naik 119.000/ karungnya, sekarang 125.000/karung, bulan lalu hargnya mencapai 128.000/ karungnya.”ujar Rahmat.

Rahmat mengharapkan jika harga beras dipasaran bisa semakin menurun dan kembali normal, karena jika harga beras tinggi akan mempengaruhi penjualan dan mendapatkan protes dari masyarakat terutama para ibu rumah tangga. (fany)