Marak Isu Pungli Wabup Lamteng Sidak Disdukcapil

0
617

Lampung Tengah, BuanaInformasi.com-Wakil Bupati Lampung Tengah (Lamteng) akan menindak tegas oknum pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), jika kedapatan melakukan Pungli terhadap warga yang hendak membuat E-KTP. Karena, pembuatan E-KTP tersebut Geratis tidak ada pungutan biaya apapun.Rabu(24/2/2016)

Marak Isu Pungli Wabup Lamteng Sidak DisdukcapilLampung Tengah, BuanaInformasi.com-Wakil Bupati Lampung Tengah (Lamteng) akan menindak tegas oknum pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), jika kedapatan melakukan Pungli terhadap warga yang hendak membuat E-KTP. Karena, pembuatan E-KTP tersebut Geratis tidak ada pungutan biaya apapun.Rabu(24/2/2016)

Dikirim oleh Redaktur Buana pada 24 Februari 2016

Maraknya isu pungli pembuatan E-KTP, berkisar 100 ribu hingga 200 ribu Wakil Bupati (Wabup) Lamteng melakukan Sidak dan mempertanyakan langsung kepada petugas Disdukcapil, terkait isu tersebut. Untuk  kepengurusan E-KTP tidak ada biaya alias geratis, hendaknya masyarakat mengurus sendiri ke Disdukcapil Lamteng, sebab kepengurusan E-KTP cukup mudah tidaklah sulit, adapun oknum yang melakukan pungli bukan dari pegawai Disdukcapil.

Wabup, Lamteng Loekman Djoyosumarto didampingi Kadisdukcapil Sugandi dan Pegawai Disdukcapil Lamteng menampik isu tersebut. Dirinya menyatakan, hal itu diluar jangkauan pihaknya. Jika benar ada oknum pegawai yang melakukan pungli segera laporkan kepadanya dan Inspectorat,“Tidak benar adanya pungutan pembuatan E-KTP, kalaupun ada, itu pasti dilakukan oleh oknum diluar pegawai Disdukcapil,” ujarnya.

Pembuatan E-KTP sendiri tidaklah sulit, masyarakat cukup datang dua kali, pertama menyetorkan berkas kepengurusan yang sudah lengkap dan kedua datang kembali untuk mengambil E-KTP yang sudah jadi. Namun, masyarakat sebaiknya sabar dalam menunggu proses pembuatan E-KTP, lama pembuatan E-KTP jika terjadi gangguan tekhnis seperti listrik padam maupun Jaringan server yang terganggu, maksimal proes pembutan E-KTP tiga hari.(Hengki)