Mantan Kapolda Lampung Jadi Salah Satu Kandidat Kepala BNN

0
250

Jakarta, buanainformasi.com – Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi memperkirakan Presiden Joko Widodo akan memutuskan nama pengganti Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen (Pol) Budi Waseso yang memasuki pensiun pada Maret 2018, Rabu (28/2/2018) ini.

Diketahui, tiga nama yang diisukan menjadi Kepala BNN adalah Kalemdikpol Polri Komjen Moechgiyarto, Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, dan Deputi Penindakan KPK Irjen Heru Winarko yang juga mantan Kapolda Lampung.

“Tadi pagi saya konfirmasi, kemungkinan hari ini sudah diputuskan oleh Presiden. Kemungkinan hari ini,” kata Johan Budi di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (28/2).

 

Johan Budi mengungkapkan Presiden telah menerima usulan tiga nama untuk menggantikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini beberapa waktu lalu. “Ya kan yang dipilih satu, tapi usulan ada beberapa nama, kalau tidak salah ada tiga nama,” katanya.

Dia menjelaskan ada beberapa kriteria yang diusulkan dan akan ditetapkan Presiden untuk menggantikan posisi Komjen (Pol) Budi Waseso ini.

“Tentu Presiden punya ukuran-ukuran untuk memilih kepala BNN. Ukuran-ukuran itu bisa didapat dari banyak masukan, antaranya dari Kapolri. Kriteria yang paling baiklah, yang profesional, integritasnya tinggi, bagus, berani, gitulah. Saya kira itu,” jelasnya.

Ketika ditanya pada pekan ini apakah Kepala BNN yang baru akan dilantik, Johan Budi tidak bisa memastikan. “Kalau pelantikan saya tidak tahu. Tapi kalau kapan diputuskannya kapan, tadi saya konfirmasi, hari ini bapak Presiden akan memutuskan kepala BNN yang baru berdasarkan usulan-usulan itu,” ujarnya.(*)