Mantan Gubernur Lampung Periode 2008-2009 Berpulang

0
384

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Kabar duka datang dari Drs. H. Syamsuria Ryacudu Bin Musannif Ryacudu yang baru saja meninggal dunia. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putra mantan Wakil Gubernur sekaligus Gubernur Lampung tersebut, Yasser Syamsurya.

“Iya, ayah sudah meninggal dunia tadi pagi di rumah sakit. Mohon doanya dan mohon dimaafkan bila ada kekhilafan beliau semasa hidupnya,” tutur Yasser.

Mantan Gubernur Lampung periode 2008-2009 ini meninggal dunia setelah serangan jantung di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Bandarlampung, Rabu (20/3) sekira pukul 09.00 WIB.

Sosok ‘Bang Syam’ sapaan akrab almarhum memang tidak sekondang atasannya kala itu, yaitu Komisaris Jenderal (Purn.) Sjachroedin Z.P. yang merupakan Gubernur Lampung periode 2004-2008.

 

Adik kandung Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu ini naik kasta setelah Sjachroedin Z.P. menanggalkan jabatannya sebagai gubernur lantaran maju dalam kontestasi Pilgub 2008. Politisi Golkar ini akhirnya dilantik sebagai Gubernur Lampung setelah empat tahun jadi ‘pemain cadangan’.

Selama menjadi wakil gubernur Lampung, suami Dewi Kusmintarsih itu jarang tampil dalam berbagai agenda pemerintahan provinsi kala itu. Ini lantaran hubungan Bang Syam dengan Sjachroedin tidak harmonis seperti saat-saat awal dilantik.

Sebelum terjun ke dunia politik, pria kelahiran Palembang 14 Desember 1955 ini sempat menjadi dosen di Universitas Bandar Lampung (UBL) kurun 1991-2002. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Lampung periode 1999-2004.

Bang Syam pergi meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak, yakni Monica Syamsurya; M. Yasser Syamsurya; dan Syahrani Syamsurya. Jasa dan pengabdian almarhum akan selalu dikenang oleh masyarakat Lampung. Selamat jalan, Bang Syam.(*)