MALAM TAKBIR HARI RAYA IDHUL ADHA, BALAM SEPI

0
406

     BUANAINFORMASI.COM-Malam takbir hari raya Idhul Adha 1437 H di Kota Bandar Lampung sepi, tidak ada kegiatan kemeriahan untuk menyambut hari raya Qurban tersebut, pantauan yang dilakukan hanya aktifitas masjid dan mushola menjalankan gema takbir juga persiapan penyembelihan hewan Qurban di hari esoknya.

     “Idhul Adha tahun ini tergolong sepi, semua terasa biasa, tidak ada kegiatan yang mampu menyedot animo masyarakat untuk keluar rumah dan bersuka cita menyambut hari raya Qurban,” kata masyur Warga Lungsir (32) di Bandar Lampung, Minggu Malam.

     Dia menjelaskan, tahun kemarin perayaan hari raya Qurban lebih semarak di banding tahun ini.

     “Memang tidak seperti pelaksanaan takbir di Hari Raya Idhul Fitri yang begitu menggelegar pelaksanaanya, namun setidaknya adalah sedikit kegiatan yang mampu memicu masyarakat ikut suka cita menyambut kedatangan hari raya Qurban ini, selain itu, pada malam takbir ini terkesan seperti malam biasanya, tidak ada yang berbeda, padahal kalau instansi terkait membuat suatu kegiatan di malam gema takbir, tentu akan berdampak baik,” kata dia.

     Menurut Mansur, pemerintah aseharusnya lebih banyak membuat moment kegiatan keagamaan di perayaaan hari besar seperti sekarang ini.

     “Saya berharap di tahun yang akan datang,malam gema takbir dapat di meriahkan dengan kegiatan keislaman, jangan datar, sayang moment besar ini tidak dimanfaatkan untuk kegiatan yang mampu membuat masyarakat terlibat aktif menyemarakan kegiatan keagamaaan,” kata masyur menambahkan.

     Sementara itu warga Kecamatan Sukaramne Purwanto (42) mengatakan, melihat dari beberapa daerah lain di luar Lampung, banyak menggelar kegiatan gema takbir yang begitu meriah.

     “Saya meminta semua liding sektor yang menangani kegiatan keagamaan seharusnya dapat membuat konsep unik, sehingga kemeriahan dan juga kesukacitaan dalam menyambut hari raya qurban terasa dan penuh hikmad,” kata dia

     Menurut dia, menumbuhkan jiwa keislaman terhadap anak muda dan masyarakat melalui kegiatan keagamaan yang menarik.

     “Saya berharap tidak hanya di hari biasa saja banyak kegiatan yang mengundang ustad, tapi pas kegiatan besar seperti takbir tidak ada kegiatan sama sekali, saya berharap ini menjadi masukan bagi semua pihak agar pro aktif dalam menyemarakan moment besar keagamaan,” kata Purwanto menambahkan

     Sementara itu Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menurunkan sekitar 2.297 personel untuk mengamankan hari raya Idul Adha, Senin (12/9). Pengamanan akan dilakukan di masjid, lapangan, dan pemukiman penduduk.

     Kepala Bidang Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan, jajaran Polda Lampung siap mengamankan hari raya Idul Adha mulai dari malam takbiran hingga hari kurban. “Pengamanan untuk memberikan rasa aman masyarakat terutama umat Islam yang merayakan hari raya Idul Adha,” katanya, Sabtu (10/9).

     Dia berharapa pelaksanaan gema takbir dan pelaksanaan sholat Ied berlangsung dengan aman dan lancar.( Laporan Kontributor : Hengki dan Mukelas)