Luapan dua sungai Lumpuhkan Aktivitas Petani Muara Sungkai

0
1204
Tokoh Masya Rakat  Pak Mahbur.Photo:Subur.
Tokoh Masya Rakat Pak Mahbur.Photo:Subur.
Tokoh Masya Rakat  Pak Mahbur. Photo:Subur.
Tokoh Masya Rakat Pak Mahbur. Photo:Subur.
Jalan Penghubung Desa Negeri Ujung Karang dengan desa Banjar Negeri. Photo:Subur.
Jalan Penghubung Desa Negeri Ujung Karang dengan desa Banjar Negeri. Photo:Subur.
Batang Hari Abung dan Muara Sungkai.Photo: Subur.
Batang Hari Abung dan Muara Sungkai.Photo: Subur.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Lampung Utara, buanainformasi.com-Curah hujan dari awal bulan desember yang hampir tidak ada hentinya mengakibatkan luapan dua sungai batang hari abung dan batang hari sungkai membanjiri ratusan hektar lahan petani warga desa negeri ujung karang kecamatan muara sungkai kabupaten lampung utara provinsi Lampung, 20/12/2013

Menurut, salah satu petani karet Pak Berahim (40) sejak tanggal 15 desember samapi pada hari ini tidak bisa beraktivitas akibat banjir yang belum surut, “sudah satu minggu ini pak saya ngak bisa kerja kebun karet saya terendam banjir, Cuma dari kebun karet itulah satu-satunya harapan nabkah buat keluarga saya, bapak lihat sendiri di jalan aja dalamnya selutut orang dewasa, apa lagi yang di lahan kebun karet saya kedalamannya mencapai batas pinggang orang dewasa.”ungkap berahim.

Ditempat terpisah pak Mahburb(50) salah satu tokoh masyarat desa negeri ujung karang, “Banjir seperti ini memang rutin setiap tahun tapi tidak sebesar tahun ini pak, red, “tanaman petani disini apa cuma kebun karet aja. “tidak pak banyak taman lainnya seperti Padi, Jagung, Singkong, bahkan tanaman padi saya kurang lebih tiga hektar ludes terendam air. Lebih lanjut mahbur sejak satu minggu yang lalu banjir merendam lahan pertanian mereka tapi baru kemaren siang pihak dinas pertanian kabupaten lampung utara, hendak menijau kelapangan, “ Kemaren siang kabarnya ada dua mobil petugas dari dinas pertanian mau melihat lahan yang di landa banjir tapi sayang mereka tidak sampai di lapangan Cuma sebatas kantor pertanian di dusun karang indah kabar yang saya dengar pak. Tutur Mahbur.

Tambah Pak Mahbur, “ saya atas nama masyarakat desa negeri ujung karang kecamatan muara sungkai besar harapan kami kepada pemeritah pusat khususnya pemerintah kabupaten lampung urata, melalui dinas terkait dan badan penanggulangan bencana alam, agar dapat membantu meninjau  serta bisa memberikan solusi bagi kami masyarakat yang terkena musibah banjir ini pak.” Papar singkat Pak Mahbur.(KPW/Hedra)