Lima Tahun E-KTP Belum Selesai, Warga Nilai Disdukcapil Tubaba Tidak Maksimal

0
279

Tulangbawang Barat, buanainformasi.com – Pelayanan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dinilai kurang maksimal dalam pelayanan terhadap masyarakat serta adanya dugaan mempersulit dalam melayani sejumlah warga. Kamis, (8/2).

Salah satu warga Tiyuh Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, RT 19. Mengungkapkan kekecewaannya terhadap pelayanan Disdukcapil yang ada di Tubaba,pasalnya dirinya mengaku kehadirannya datang ke kantor Disdukcapil mengantar kakaknya yang sudah lama membuat Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) namun belum kunjung jadi hingga sampai saat ini.

Bahkan, pengakuannya sendiri e-ktp yang akan dibuat milik kakaknya diduga mangkrak bertahun-tahun mulai dari adanya program e-ktp yang dimulai pada tahun 2012 lalu. Sehingga hal ini membuktikan bahwa adanya indikasi dipersulit oleh Disdukcapil Tubaba.

 

“Buatnya dulu lama, pas waktu pertama adanya kartu Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) ya sekitaran lima tahunan lah, punya istrinya udah selesai tapi punya dia belum, sedangkan sudah melakukan perekaman,” ungkapnya.

“Bahkan E-KTp ku aja sudah habis masa waktunya, berarti sudah 5 tahunan,” tambahnya.

Disinggung mengenai pekerjaan kakaknya, dirinya mengaku hanya Sopir lintas sehingga untuk mengantar kakaknya ke kantor Disdukcapil pun masih sempat diluangkan waktunya.

“Ya kesini aja masih sempat-sempatnya mas,” pungkasnya.

Di lain pihak, Sandi, Pengamat masyarakat mengatakan sangat menyayangkan bila hal itu terjadi, karena situasi menjelang pesta demokrasi di daerah terutama di Kabupaten Tubaba, akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung pada Tahun 2018.

“Jadi saya lihat dan menilai bahwa pelayanan tidak maksimal, karena setahu saya masyarakat yang datang harus dilayani bukan melayani. Jadi saya imbau kepada Disdukcapil untuk melayani semaksimal mungkin, karena E-KTP sangat penting, apa lagi Pemerintah telah mengimbau bahwa masyarakat harus memiliki E-KTP dan juga sudah mendekati Pilgub dan Pileg,”ucapnya. (*)