Lampung Barat Gelar 2016 Sekura

0
1524
Lampung Barat Gelar 2016 Sekura
Lampung Barat Gelar 2016 Sekura

BUANAINFORMASI.COM-Perayaan hari jadi Lampung Barat Ke-25 digelar Pemerintah Daerah dengan cukup meriah, 2016 Sekura akan meriahkan pesta hari jadi Lampung Barat yang di gelar pada 18 september 2016 mendatang.

Koordinator Sekura Riadi Ardianto mengatakan, persiapan pelaksaan Pesta Budaya Sekura mencapai 70 persen, “ Persiapan pelaksaan pesta Sekura 2016 telah di persiapakan dengan matang, semua liding sektor yang terlibat dalam pesta budaya tersebut telah mulai melaporkan hasil personil.” kata Riadi di Liwa Sabtu 10/9/2016

Dia menjelaskan, Topeng Sekura menjadi Brand Abasador dari Kabupaten Bumi Lampung Barat, selain itu, Topeng Sekura menjadi daya pikat bagi wisata asing yang datang di Kabupaten tersebut.

“Kebudayaan Sekura sangat identik dengan Lampung Barat, tak heran bila banyak wisatan asing dan domestik ingin menggali lebih dalam kebudayaan unik ini, selain itu, topeng sekura sebagai wadah untuk mengeratkan masyarakat dari dalam dan luar,serta membaur menjadi satu di Lampung Barat.” kata dia.

Topeng Lampung merupakan salah satu produk Seni Budaya Lampung yang dapat dilihat pada pesta Sekura ( Sekuraan ) dan drama dari tupping. Topeng Lampung merupakan salah satu bentuk ekspresi masyarakat Lampung yang mempunyai nilai simbolik perwatakan manusia sesuai dengan ajaran moral ,dan etika sosial budaya masyarakat pedesaan Lampung pada zamannya.

Sedangkan sekura di wilayah Lampung Barat , seperti Belalau,Balik Bukit,Batubrak,Sukau,Kenali dan Liwa .

Pesta Sekura (Sekuraan) adalah suatu pesta rakyat yang diadakan setiap awal bulan Syawal oleh masyarakat Lampung Barat. Sekura di tampilkan sebagai tarian topeng pada pesta Sekura yang berlangsung selama satu minggu.

Pesta ini merupakan pesta rakyat yang diselenggarakan dalam rangkaian Idul Fitri untuk mengungkapkan rasa syukur suka cita dan perenungan terhadap sikap dan tingkah laku. Parade topeng adalah suatu arak-arakan para tupping dan sekuraan yang menyusuri rute keliling desa dengan aneka atraksi. Pada parade ini para penari tupping melukiskan kewaspadaan untuk menjaga keselamatan kedua mempelai dan rombongannya pada saat menuju ke tempat perkawinan . sedangkan para pesekura sambil berparade mereka mendatangi rumah penduduk meminta konsumsi bersuka cita menuju arena pesta.

Dari enam jenis penokohan tersebut ,sekura dapat di bagi menjadi dua jenis. yang pertama disebut sekura kecah, yang artinya sekura bersih, sekura ini sering disebut juga sekura betik/helau.

Yang kedua adalah sekura kamak, yang artinya sekura kotor atau sekura jahat.

Sesuai namanya sekura kecah menggunakan kostum yang bersih dan rapi.sekura kecah khususnya diperan kan oleh mekhanai ( laki-laki yang belum beristri).sekura ini berfungsi sebagai pemeriah dan peramai pesta mereka berkeliling pekon (dusun) untu melihat-lihat dan berjumpa dengan gadis

Sekura kamak  berarti sekura kotor atau sekura jahat dikarenakan mereka mengenakan pakaian dan topeng kotor .Busana yang dikenakan tidak hanya pakaian sehari-hari yang digunakan dalam menggarap kebun, tetapi dapat juga dari segala jenis tumbuhan yang di ikatkan ke tubuh .tingkahnya mengundang tawa penonton .

Sekura kamak tidak terbatas mekhanai,tetapi bisa juga di bawakan oleh khagah ( laki-laki yang sudah beristri).Mereka berfungsi sebagai penghibur dalam sekuraan ,kadang mereka mengganggu pengunjung yang menonton sekuraan .sekuraan ini berkeliling kampung untuk kemudian singgah(mampir) kerumah penduduk.

Masyarakat yang dikunjungi sebisa mungkin menyediakan makanan untuk sekura yang datang kerumahnya,dalam sekuraan ini kadang ditanpilkan atraksi silek (pencak silat) ,nyambai ( menyanyikan bait-bait pantun yang diiringi dengan tetabuhan terbangan /rebana ) .

“Saya yakin pelaksanaan pesta topeng Sekura akan di hadiri ribuan orang, bahkan bisa di prediksi memadatkan kota liwa, sebab rute arak arakan di mulai dari kota  liwa hingga ke Lapangan Pemkab Lampung Barat.” pungkasnya.

Lebih lanjut Riadi menguraikan, pesta topeng 2016 Sekura akan memecah Rekor MURI “ ini moment yang akan melibatkan ribuan orang, sehingga pantas memecahkan rekor MURI, dan saya berharap Pemerintah Provinsi juga membantu mempromosikan moment besar ini, selain itu Sekura akan banyak diisi dengan aktraksi budaya dan optimis mampu menyedot anomi masyarakat dalam dan luar daerah.” kata Riadi Menambahkan.(M.Wisnu)