Lakukan Pemerasan, Tiga Oknum Wartawan Diciduk Tim Saber Pungli Polres Pesawaran

0
336

Pesawaran, BITV – Tim Saber Pungli Polres Pesawaran berhasil mengamankan tiga oknum wartawan Surat Kabar Mingguan yang diduga terlibat pemerasan terhadap kepala sekolah, Minggu, (27/1/19).

Penangkapan tersebut dipimpin Tim intelejen keamanan (Intelkam) Polres Pesawaran bersama Polsek Padangcermin. Saat tiga pria yang mengaku wartawan tabloid mingguan Teropong, usai mengambil uang dari kepala sekolah di Kecamatan Telukpandan, Pesawaran.

“Ya benar tadi sekitar pukul 11.00 Wib, anggota kita telah melakukan penangkapan terhadap pelaku pemerasan yang mengaku oknum wartawan,” ujar Kapolres Pesawaran AKBP Popon A Sunggoro.

Ketiganya ditangkap setelah menerima uang sebesar Rp7 juta dari koordinator Dinas Pendidikan Kecamatan Telukpandang, Azhari. Ketiga pria itu adalah Tamrin (54) dan Dona Firnando (39), keduanya warga Desa Kurungan Nyawa, Gedongtataan, Pesawaran. Kemudian Iskandar (51) warga Dusun Srimenanti RT/RW 006/003, Desa Negerisakti, Gedongtataan, Pesawaran.

“Awalnya pelaku meminta uang sebesar Rp25 juta, namun disepakati sebesar Rp7 juta, saat pelaku keluar dari ruang kepala sekolah SDN 1 Telukpandan kemudian dilakukan penangkapan oleh Tim Saber Pungli Polres Pesawaran,” ujarnya.

Setelah uang sebesar Rp.7.000.000 (tujuh juta rupiah) di serahkan oleh Azahari, ketiga pria yang mengaku wartawan itu keluar dari ruangan Kepala SDN 1 Telukpandan. Saat ketiganya keluar dari ruangan kepala sekolah, anggota Intelkam yang dipimpin Iptu Dartiyo Santiko menangkap ketiganya. Tanpa perlawanan ketiganya diamankan ke Polres Pesawaran.

Selain berhasil mengamankan barang bukti berupa Rp.7.000.000 (tujuh juta rupiah), polisi juga mengamankan satu unit mobil Kijang Innova warna hitam BE 2981 TF, Sepeda motor Yamaha Jupiter Z warna merah BE 3461 RD, satu buah telepon android merk Vivo warna putih, android merk Samsung warna silver, android merk Samsung warna hitam, satu Nokia warna putih, dua Samsung lipat warna putih dan hitam.

“Saat ini ketiga pelaku sudah diamankan di Mapolres Pesawaran berikut barang bukti untuk dilakukan pengembangan dan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya.

Terkait kejadian itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran Faujan Suadi membenarkan jika ada oknum wartawan yang melakukan pemerasan terhadap kepala sekolah di wilayah Kecamatan Telukpandan.

“Ya saya juga baru dapat kabar ada tiga orang oknum wartawan yang ditangkap oleh Polres Pesawaran, mereka adalah Iskandar, Dona Firnando dan kalau tidak salah satunya bernama Tamrin dan saat ini ada delapan kepala sekolah dari kecamatan Telukpandan masih di Polres Pesawaran untuk memberikan keterangan,” tuturnya. (red/*)