KSAL Buka Lomba Renang Lintasi Selat Sunda

0
324

Lampung Selatan, buanainformasi.com – KSAL Laksamana Ade Supandi melepas peserta lomba renang Selat Sunda 2018 di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Muara Pilu, Bakauheni, Jumat, (2/3) malam.

Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, sebagai bangsa yang dianugerahi kondisi geografi, berupa negara kepulauan, memiliki berbagai potensi maritim dan harapan besar terhadap olahraga perairan, khusus yang olahraga renang dan Dayung, untuk dapat mengukir prestasi yang membanggakan faskes tingkat nasional, maupun di tingkat Internasional yaitu, dengan beragamnya potensi kemaritiman tersebut pemanfaatan laut juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan daerah dan negara yang dapat diandalkan.

“Pembangunan Daerah dan Nasional, sekaligus mendukung pencapaian sejahteraan bangsa Indonesia dengan memanfaatkan semua potensi kelautan secara maksimal. Salah satu pengembangan potensi tersebut adalah, dengan menyelenggarakan lomba renang dan dayung lintas Selat Sunda, dalam rangka memperingati HUT ke-72,” ujarnya, jumat (2/3).

Sekitar 300 peserta dari berbagai kesatuan di lingkungan TNI AL mengikuti lomba renang menyeberangi Selat Sunda. Untuk mencapai finis di Tanjung Sekong, Merak, peserta harus menempuh jarak sejauh 39 kilometer.

 

“Secara pribadi, saya merasa bangga karena event ini merupakan pencapaian positif, sekaligus pembuktian akan ketangguhan dan soliditas prajurit korps marinir dalam mengarungi Selat Sunda yang berjarak kurang lebih 39 KM. Untuk renang Selat Sunda terakhir dilaksanakan 2007, jadi kita menunggu 10 tahun untuk bisa mengulangi kegiatan seperti ini, dan saya sudah perintahkan, untuk tetap mempertahankan kemampuan renang laut sebagai bagian dari pada kompetensi,” Kata Ade Supandi .(suarapedia.com)

Lebih lanjut Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, dalam kegiatan renang Selat Sunda ini, harus menjadi agenda Marinir untuk membuktikan dirinya sebagai prajurit yang memang berkarakter maritim, kegiatan malam ini harus menjadi pembuktian bagi prajurit Marinir mengarungi 39 KM harus dicapai.

“Akan tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga keselamatan, dan keamanan selama pelaksanaan lomba.” Katanya.

Selain KSAL, hadir pula sejumlah pejabat di lingkungan TNI AL, anggota DPR RI dari PDIP Effendi Simbolon, Kapolda Lampung Irjen Polisi Suntana, Danlanal, dan Danrem Lampung. Turut hadir beberapa perwakilan dari negara sahabat.

Lomba renang ini menyediakan hadiah mobil Mitsubishi Expander bagi juara pertama. Sedangkan juara juara lomba dayung diberikan hadiah uang Rp 100 juta. (lipsus)