KPU Gandeng 9 Pakar Dalam Debat Publik Pilgub Lampung

0
305

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung terus melakukan berbagai persiapan dalam menggelar tahapan pilkada debat publik Publik Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang akan bertarung pada pilkada tahun 2018.

Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono mengatakan, selain mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana, dalam pelaksanaan Debat Publik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tersebut, KPU juga melibatkan dewan pakar.

Dewan pakar yang terdiri dari 9 orang tersebut menurutnya terdiri dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki kriteria minimal menyandang gelar Doktor pada bidang keahliannya masing-masing.

Namun Nanang Trenggono menegaskan, kredibilitas dan independensi para dewan pakar yang terlibat pada debat publik, menjadi faktor utama, karena tugas para dewan pakar tersebut antara lain menyusun berbagai materi yang akan digunakan dalam acara tersebut.

 

“Ada 9 Dewan Pakar yang terlibat pada agenda debat publik ini, selain harus minimal bergelar doktor pada bidangnya, dewan pakar juga harus netral dan independen,”tegasnya (5/4).

Diketahui, pada tahapan pelaksanaan Pilkada, KPU Lampung akan menggelar tiga kali acara debat publik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, yang akan dimulai pada Sabtu 7 April mendatang.

Selain tanggal 7 April nanti, KPU Lampung juga akan menggelar debat publik kedua pada tanggal 28 April, dan debat publik Pilgub Lampung ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2018 mendatang.

Dalam acara debat publik itu, RRI Bandar Lampung menjadi satu-satunya media yang akan menyiarkan secara langsung tiga kali debat publik Pigub Lampung yang diselenggarakan KPU Provinsi Lampung.

Sementara untuk media televisi lokal yang akan menyiarkan debat publik secara langsung, akan dilakukan secara bergilir mulai dari debat publik pertama hingga ketiga.

“Untuk RRI kita telah berkirim surat agar dapat berpartisipasi menyiarkan secara langsung seluruh acara debat publik pilgub yang digelar 3 kali. Kalau media televisi nanti akan dilakukan bergilir pada 3 kali acara debat tersebut,”ucapnya.

Dipilihnya RRI sebagai media yang dapat menyiarkan secara langsung 3 kali debat kandidat Pilgub Lampung tahun 2018, menurut Nanang Trenggono tidak terlepas dari masukan dewan pakar, yang menilai masyarakat Lampung masih banyak yang menjadi pendengar setia media RRI.(*)