Korem 043 Garuda Hitam Musnahkan Ratusan Senpi Rakitan

0
340

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Sebanyak 190 senjata api (senpi) rakitan akan dimusnahkan pada pagi ini, Rabu (14/3), di Makorem 043 Garuda Hitam. Komandan Korem Kolonel (Inf.) Hadi Basuki akan memimpin langsung proses pemusnahan yang dijadwalkan sekira pukul 08.00 WIB.

Ratusan senpi itu hasil pengumpulan selama kurun satu tahun. Jajaran Korem 043 Garuda Hitam, mulai Kodim sampai Koramil secara intens meminta dan menghimbau masyarakat agar menyerahkan senjatanya kepada TNI.

“Jadi senjata rakitan itu kurang lebih ada 190, dan itu adalah hasil dari penyerahan masyarakat dari seluruh wilayah jajaran yang ada di Korem Lampung,” kata Hadi Basuki, Selasa (13/3). (rilislampung.co.id)

 

Senjata api rakitan tersebut terdiri dari laras panjang dan pendek dengan berbagai jenis. “Kita kumpulkan sejak saya menjabat, dari tahun 2017 bulan Februari hingga awal tahun ini,” ujarnya.

“Sebelumnya kita juga sudah pernah ajukan persetujuan pemusnahan ini kepada pimpinan, cuma baru sekarang bisa kita laksanakan,” sambungnya.

Dia juga meminta masyarakat tidak perlu menyimpan senpi rakitan dan illegal. Sebab, menurutnya, hal itu lebih banyak mudaratnya.

“Intinya kita melakukan pendekatan terhadap masyarakat di daerah-daerah bahwa enggak ada manfaatnya memiliki senjata api rakitan yang akhirnya hanya menjadi beban,” paparnya.

Pemusnahan ratusan senpi rakitan itu dilakukan dengan dengan cara memotong dengan alat. Kemudian akan dilebur.(*)