Konsep Gotong Royong Dua Kampung Dikecamatan Kalirejo Patut Diapresiasi

0
55

Lampung Tengah, Penacakrawala.com -Gerakan membangun bersama masyarakat atau gotong royong dan swadaya masyarakat terus di gelorakan oleh kepala kampung dengan gotong royong bedah rumah bagi warganya yang punya rumah tidak layak huni gerakan gotong royong dan swadaya masyarakat mendapat apresiasi dari Camat Kecamatan Kalirejo Priyadi S. IP M.M dan ketua Serikat Jurnalis Indonesia (SJI) M.Toha.

Jiwa dan nafas gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia tidak pernah pudar dari generasi ke generasi dari jaman bangsa ini belum merdeka denyut nadi kegotong Royongan diwariskan hingga kegenerasi saat ini.

Ini dibuktikan dengan semangat kegotong royongan warga di Kecamatan Kalirejo seperti Kampung Poncowarno yang di nahkhodai Heri Eliyanto dan Kampung Sridadi yang di komandoi Suroso Adi Saputro, pada periode 2018-2022 banyak bangunan yang dibangun dari hasil swadaya masyarakat dan dikerjakan dengan gotong royong.Kampung Poncowarno, Kecamatan Kalirejo, bangunan yang dibangun dengan gotong royong dan swadaya masyarakat dan perangkat kampung, sebut saja pembangunan rumah, tak kurang dari 10 rumah dibangun dengan gotong royong dan anggarannya dari hasil swadaya, jalan rabat beton sekitar 1,5 kilometer juga dibangun dengan hasil swadaya dan gotong royong.

Kampung Sridadi Kecamatan Kalirejo yang di komandoi kakam Suroso Adi Saputro mengikuti jejak rekannya kampung Poncowarno, “tahun 2022 merupakan tahun sosial maka pada tahun ini kita canangkan menjadi tahun berbakti dengan Program bedah rumah bagi warga yang kurang mampu dan menempati rumah RUTILAHU maka rumah itu diupayakan segera di bedah dari anggaran swadaya dan dikerjakan dengan bergotong royong.” ucap Kakam Sridadi di lokasi bedah rumah

Gerakan membangun bersama masyarakat di sambut baik oleh Camat Priyadi S. IP M.M, ” semoga semua Kampung dari 17 Kampung yang ada di Kecamatan Kalirejo ikut menggelorakan semangat kegotong royonggan dalam membangun kampung dan mensejahterakan masyarakatnya.” ungkap camat Priyadi.

Dilain pihak, ketua Serikat Jurnalis Indonesia (SJI) Muhammad Toha, juga mengapresiasi gerakan gotong royong dan swadaya masyarakat di 2 (dua) tersebut. “andai saja semua Kampung dari 301 Kampung yang ada di Kabupaten Lampung Tengah bisa menggerakkan masyarakatnya untuk bergotong royong dan berswadaya untuk membangun kampungnya saya rasa banyak Kampung yang bisa lebih cepat maju dari segi pembangunan kampung.” tukas M.Toha

” Gotong royong dan anggaran swadaya masyarakat di topang dengan anggaran Dana Desa, saya yakin Kampung-kampung dari segi pembangunan lebih cepat berkembang asal ada niat yang tulus untuk membangun Kampung dan masyarakat ikhlas dalam berswadaya.” tutupnya. (H Irwansyah/ASWIN DONI)