Komisi II DPR Tinjau P4S Pekanbaru Riau

0
412
rambe-kamarul-zaman--golkar-_663_382Buanainformasi.com – Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swasembada (P4S) terpadu terbukti sangat bermanfaat bagi masyarakat kecil khususnya dalam meningkatkan potensi masyarakat di sektor pertanian.

Demikian disampaikan Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarul Zaman. “Memang kita akui P4S dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat secara langsung, jadi apa  yang  diprogramkan oleh pemerintah yang diprakarsai Bupati Kampar itu betul-betul terwujud  dan nyata hasilnya,” terangnya saat melakukan Kunker Komisi II DPR ke Pekanbaru baru-baru ini.

Menurutnya, melalui cara ini dapat menciptakan suatu sistem yang saling keterkaitan  antara pertanian, perikanan dan peternakan sekaligus yang ada didalam lokasi tersebut. “Intinya yaitu kita ingin dapat menggerakkan  partisipasi  masyarakat dan sekaligus melatih dan memberikan contoh yang jelas dan konkret jadi bukan hanya pidato-pidato semata, kita ingin memberikan percontohan yang konkret,” jelas Rambe.

Dia mengharapkan lokasi P4S yang disiapkan oleh Bupati Kampar dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “Kita harapkan Menteri Pertanian dapat berkenan datang ke mari, kita di DPR juga sudah datang  untuk melihat secara langsung upaya-upaya yang telah  dilakukan Pemda di tengah masyarakat, dan Komisi II DPR menyatakan dengan tegas  siap mendukung program tersebut,” tegas Rambe.

Rambe Kamarul Zaman mengatakan bahwa sejatinya kunjungannya ke Propinsi Riau ini dalam rangka untuk melihat secara langsung tempat Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swasembada (P4S) yang berlokasi  di  Kubang   Jaya  Kecamatan  Siak   Hulu Kabupaten Ampar, Pekanbaru Riau.

Sementara Bupati Kampar Jefry Noer mengharapkan, seluruh peserta P4S ketika menjadi alumni dapat menjadi ujung  tombak  untuk mengubah kehidupan keluarga dan masyarakat lainnya.

“Orang-orang yang ikut dalam pelatihan ini adalah  orang-orang  pilihan dan tidak  semua  masyarakat  yang  perekonomiannya  mendapat  kesempatan sama. Jadi setelah pelatihan ini, maka harus  sudah menjadi orang yang berhasil dan menularkan keberhasilannya tersebut  kepada  masyarakat  kurang  mampu  lainnya,” jelasnya.

Dia mengatakan, alumni P4S harus mampu  memahami  konsep kerja yang baik professional dan selalu memiliki target  yang  harus  dicapai, karena  bekerja  harus   memiliki motif  dan tujuan yang  jelas.

“Ada beberapa hal yang mendukung agar pekerjaan yang dijalani terasa mudah dan berujung pada kesuksesan, di samping itu juga harus optimistis bahwa dalam bekerja termasuk dalam menjalankan program yakni rumah tangga mandiri pangan  dan energi, program  tersebut  ke depan  akan  berhasil  dan  mampu  memberantas  kemiskinan dan pengangguran,” katanya. (sumber : Viva.co.id)