Kolonel Marinir Hermanto Jabat Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir

0
631
Kolonel Marinir Hermanto Jabat Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir
Kolonel Marinir Hermanto Jabat Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir

Pesawaran, buanainformasi.com-Tongkat Komando Komandan Brigade Infanteri 3 Marinir Lampung diserah terimakan dari Kolonel Marinir Werijon Kepada Kolonel Marinir Hermanto, Bertempat di Lapangan Apel Mako Brigif 3 Marinir, Kamis (01/09/2016)

Kolonel Marinir Hermanto, S.E, M.M resmi menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir Lampung menggantikan Kolonel Mar Werijon dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dilaksanakan dalam suatu  upacara militer di Lapangan Apel Brigif-3 Marinir, Padang Cermin Lampung.

Kolonel Mar Werijon selanjutnya akan menempati penutugasan yang baru di Sekolah Tinggi Komando (SESKO) TNI AL, sementara Danbrigif-3 Mar Kolonel Mar Hermanto, S.E, M.M sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Korps Marinir (Asrena Dankormar).

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada Sertijab tersebut adalah Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn. dengan dipimpin Komandan Upacara (Danup) Mayor Marinir Sudrajat Suhana Putra yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri-8 Marinir.

Upacara sertijab yang berlangsung hikmat ini diikuti oleh empat Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari Kesatuan-kesatuan Brigif-3 Mar, terdiri dari Batalyon Infanteri-7 Marinir, Batalyon Infanteri-8 Marinir, Batalyon Infanteri-9 Marinir (Pangkalan Berandan Medan), dan Batalyon Infanteri-10 Marinir (Batam).

Dankormar dalam amanatnya menyampaikan serah terima jabatan merupakan proses kesinambungan pembinaan satuan, yang memiliki makna substansi untuk mendorong semangat pembaruan dan penyegaran pemikiran yang diorientasikan pada peningkatan kinerja organisasi. Dengan demikian pergantian jabatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas organisasi sehingga diharapkan organisasi menjadi lebih efektif dalam pelaksanaan tugas pokoknya.

Serah terima jabatan dapat diartikan pula sebagai peluang dan sekaligus tantangan untuk membangun reputasi, prestasi, serta sejauh mana nilai-nilai kepemimpinan dapat dikembangkan dan di implimentasikan.

Brigade Infanteri-3 Marinir sebagai komando pelaksana korps Marinir yang berkedudukan di bawah Dankormar, yang memiliki tugas pokok yaitu : membina, menyiapkan dan menyediakan kekuatan unsur tempur dalam melaksanakan operasi amfibi, operasi pertahanan pantai dan tugas-tugas lainnya dalam rangka mendukung tugas pokok Korps Marinir.

Sejak berdirinya hingga saat ini, Brigade Infanteri-3 Marinir telah mampu memberikan kontribusi positif bagi Korps Marinir. Untuk menghadapi perkembangan situasi kedepan, Brigade Infanteri-3 Marinir agar selalu meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan satuan serta terus membina, meningkatkan dan memantapkan identitas jati profesional, berkarakter, dan di cintai rakyat. Yang harmonis dan bersinergi antara aparatur pemerintahan, Militer, Kepolisian dan masyarakat setempat, perlu pertahankan dan di tingkatkan, untuk bahu-mebahu dalam upaya memecahkan persoalan yang dihadapi masyarakat sekitarnya.

Pada kesempatan itu Dankormar mengucapkan terimakasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Werijon atas pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin dan memajukan Brigade Infanteri-3 Marinir, sehingga menjadi lebih baik dan dapat dibanggakan.

Dan ucapaan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir, serta yakin dan percaya Kolonel Marinir Hermanto dengan berbekal pendidikan dan pengalaman penugasan yang dimiliki akan mampu mengemban kepercayaan dan kehormatan memimpin Brigade Infanteri-3 Marinir dengan penuh tanggung jawab.

“Kepada seluruh prajurit jajaran Brigif-3 Mar saya instruksikan agar mendukung sepenuhnya tugas-tugas Komandan Brigif-3 Mar yang baru.

Sebelum mengakhiri amanat dan untuk mengawali tugas sebagai Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir memberikan penekanan sebagai berikut : yang pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas. Kedua, tingkatkan hubungan dan kerjasama dengan unsur Tni,Polri dan masyarakat setempat. Ketiga, bina dan latih prajurit sehingga selalu siap menghadapi penugasan. Keempat, siapkan satuan sehingga mampu menjamin keberhasilan tugas yang dipercayakan. Kelima, jadikan nilai-nilai luhur sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib Tni dan trisila TNI AL sebagai pedoman dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari. Keenam, pahami bahwa setiap pelaksanaan tugas agar selalu berorientasi kepada kepentingan rakyat.

upacara resmi serah terima jabatan diakhiri dengan acara tradisi pengataran komandan yang lama dan penyambutan Komandan Brigif 3 Marinir oleh seluruh para Prajurit Brigif 3 Marinir.

Turut hadir dalam upacara tersebut Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Hasanudin, Asops Dankormar Kolonel Marinir Edi Juardi, Aspers Dankormar Kolonel Marinir Nuri, Aslog Dankormar Kolonel Marinir Suherlan, Wakapolda Lampung Kombes Pol Krisna Mukti, Danrem Garuda Hitam Kolonel Kav Supriyatna, Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Yana hardiyana, Bupati Pesawaran, Bupati Lampung Timur, Wakil Bupati Lampung Selatan. serta undangan di jajaran Pemprov Lampung.(Red/Humas)