KKBP Pesibar Gelar Pembinaan Kesadaran Belanegara

0
485

BUANAINFORMASI.COM – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Kabupaten Pesisir Barat, menggelar pembinaan kesadaran bela negara (PKBN) terhadap pelajar di Kabupaten Pesisir Barat, yang dipusatkan di GSG Selalaw Labuhanjukung, Kecamatan Pesisir Tengah.

Pembinaan tersebut  dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, N.Lingga Kesuma, dihadiri  oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0422-LB, Mayor. Muskadi, Panit I, Binmas Polsek Pesisir Tengah, Ipda.KMS.Khoirul Saleh, Camat Pesisir Tengah, Agus Triadi dan 120 peserta dari perwakilan para pelajat tingkat menengah atas.

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal melalui, Asisten I, Lingga Kesuma menyampaikan bahwa PKBN pada prinsipnya adalah pendidikan politik ethis normatif dalam rangka membangun karakter bangsa. Dasar hukum bela negara adalah UUD 1945 pasal 30 tertulis.

“Tiap –tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara.”Jadi mau tidak mau kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman ,gangguan ,tantangan dan hambatan yang datang dari dalam maupun luar .

Dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang Indonesia tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela negara. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain.

“Seperti ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar, contohnya seperti siskamling, Belajar dengan tekun pelajaran atau mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti Paskibra, PMR dan Pramuka,” papar Lingga.

Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ATHG atau ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan pada NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia,tutupnya.(Nova)