Ketua KPU Lampung Berharap Debat Kandidat Dapat Berlangsung Produktif, Demokratis dan Santun

0
256

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Debat kandidat Pilgub Lampung akhirnya disepakati tiga kali dengan 90 menit tiap debat. Diharapkan, debat berlangsung produktif, demokratis dan santun.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, Nanang Trenggono mengatakan, esensi debat yakni pasangan calon menyampaikan visi misi dan program kerjanya yang jelas.

“Kami mohon kepada 4 pasangan calon agar menciptakan debat kandidat yang produktif bisa sampaikan dengan baik visi misi programnya, tetapi juga bersikap demokratis dan santun, kalau pun ada mengkritik sampaikan kritik yang baik, karena kami menghendaki debat kandidat itu original, artinya diliput oleh televisi apa adanya,” tegasnya, Jumat (23/3).

Kalau misalnya ada perbedaan yang tajam itu ditampilkan oleh televisi dan secara langsung disiarkan oleh Radio Republik Indonesia.

“Nanti kami akan bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Lampung, bahwa khusus debat ini adalah forum pasangan calon untuk menampilkan dirinya sebaik mungkin, untuk dipilih masyarakat Lampung,” terangnya.

Karena hasil debat kandidat yang disampaikan paslon itu berpengaruh terhadap pemilih di hari H pencoblosan.

“Jadi evaluasi terakhir itu pada 27 Juni 2018 hari pemungutan suara, oleh karena itu debat kandidat juga mengharapkan, paslon dinilai dari verbalnya, sikapnya dalam berkata bertutur, kemudian visi misi nya lengkap, apa yang dipikirkan calon disampaikan pada saat debat kandidat,” jelasnya.

Kesepakatan terakhir semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Nanti bisa saja calonnya, atau wakilnya. Kita mengharapkan tampil terus mereka pasangan calon ini,” katanya.