Kerajinan Sandal Dari Pelepah Pisang

0
1800

Lampung Selatan,buanainformasi.com- Kerajinan tangan adalah suatu karya dimana kita membuat karya tersebut menjadi sebuah karya yang bernilai terutama bernilai ekonomis, kerajinan tangan tentunya adalah sebuah karya yang kita ciptakan menjadi sebuah benda yang berharga yang sebelumnya tidak bernilai apa – apa, kerajinan tangan biasa bermula dari hobi seseorang untuk memulai membuat sesuatu yang awal nya membosankan menjadi diri kita senangi atau pun bahkan menjadi disenangi orang lain.

Salah Satunya ialah Leo (26) Sarjana Ekonomi kelahiran Natar tahun 1989, warga Dusun III Taqwa Sari RT11 Kelurahan Natar Lampung Selatan Lampung, seorang pemuda kreatif yang memanfaat pelepah pisang kering yang di olah menjadi kerajinan tangan berupa Sandal yang sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan untuk teman-teman sekitarnya.

Leo menjelaskan bahwa ide tersebut muncul ketika ia bersama temanya menghadiri seminar tentang cara membangun usaha rumahan yang menguntungkan dan saat itulah mereka berfikir untuk mengolah pelepah pisang yang berawal dari barang tak berguna menjadi beguna,tuturnya.

Lanjut Leo, Konsepnya sama dengan pembuatan tikar yang cara pembuatannya di anyam, namun perbedaannya hanya di bahan baku yang unik yaitu pelepah pisang,kata dia.

Leo juga menjelaskan bahwa kendala yang mereka hadapi adalah dana yang kurang, masalah tenaga kerja, dan proses pengeringan bahan baku yang masih mengandalkan panas matahari,pungkasnya.

Saat ini mereka terus berupaya untuk mengembangkan produk barunya. walaupun dengan alat dan bahan yang masih sederhana,  namun mereka yakin akan menggoncang pasar dunia di waktu dekat ini. (Ilman)