Kemarau Panjang , Harga kebutuhan Pokok naik

0
502
(Photo: dok Buana)
(Photo: Dok Buana)
(Photo: Dok Buana)

Bandar Lampung,buanainformasi.com – Kemarau yang berkepanjangan di beberapa daerah di Indonesia , mengakibatkan kelangkaan  pada hasil pertanian , sehingga mempengaruhi terjadinya kenaikan harga kebutuhan  pokok, seperti Halnya yang terjadi di Pasar-pasar tradisional di Bandar Lampung.

Salah satunya di Pasar Way Halim , JL. Rajabasa  Raya , Way Halim , Bandar Lampung , sejumlah Harga kebutuhan naik mencapai 20 persen, harga cabai merah yang sebelumnya Rp 25.000  kini mencapai Rp 50.000 per Kg, untuk cabai rawit dari harga Rp 40.000 menjadi Rp. 70.000 , Tidak  hanya itu harga jengkol  pun mulai merangkak naik dari  60.000 sampai 70.000 per Kg dari sebelumnya  yang hanya berkisaran Rp. 40.000 per Kg, Sabtu (22/8/2015).

Pedagang pasar Way Halim mengatakan, melonjaknya harga Bahan-bahan pokok tersebut, di karenakan musim kemarau yang berkepanjangan sehingga membuat para petani banyak mengalami gagal panen ,hal tersebut  membuat  pasokan yang sulit diperoleh pedagang dari para agen atau distributor.

Kenaikan Harga yang cukup  signifikan tersebut tentunya mempengaruhi omset pendapatan  para pedagang ,karena kenaika harga tersebut membuat pedagang sepi pembeli, ,  ungkap Milla salah satu  pedagang.  ( Agus Boncel )