Kasus Air Zamzam, Penjual di Tanah Abang Nyaris Bangkrut

0
516

polres-jakarta-pusat-ungkap-penjualan-air-zamzam-palsu-_663_382Buanainformasi.com – Belum lama ini, jajaran Polres Metro Jakarta Pusat, membongkar bisnis air zamzam, minyak zaitun, dan madu Asifa palsu.

Dibongkarnya jaringan ini menimbulkan dampak yang kurang bersahabat bagi para pedagang di Pasar Tanah Abang, yang terkenal menjual oleh-oleh khas tanah suci. Salah satunya dirasakan Toko Ar-Rahmah, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menurut karyawan toko tersebut, Abdul Hadi, akibat pemalsuan air zamzam, penjualan di toko mereka menjadi menurun. Banyak pembeli yang menanyakan keaslian barang-barang yang dijual di toko tersebut.

“Pengaruhnya besar sekali bagi kami. Selain permintaan menurun, pembeli jadi kurang yakin sekarang dan selalu bertanya ini ‘asli’ enggak?” ungkap Hadi (40), Selasa, 7 April 2015, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Hadi menjelaskan, sebelum ada produk palsu ini, pembeli tidak pernah bertanya tentang keaslian barang, yang ia sesali masyarakat ikut mencap produk yang mereka jual juga palsu.

Dia menambahkan,  mendapatkan oleh-oleh tanah suci ini dari tempat asalnya langsung. Tokonya pun memiliki cara tersendiri untuk membuktikan keaslian barang yang mereka jual pada calon konsumen yang akan membeli.

“Kami mendapatkan barang ini langsung dari asalnya di sana. Pernah ada oknum yang coba menawarkan memasukan barangnya ke sini, tapi saat di tes mereka tidak mau, orang-orang kami tahu perbedannya. Kami menyediakan testernya di toko kami, bagi calon pembeli agar mereka tahu bahwa punya kami asli,” ujar Hadi.

Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk cermat dalam membeli air zamzam dan oleh-oleh tanah suci lainnya. Menurutnya, harga yang murah itu yang sepatutnya dicurigai sebagai barang palsu.

“Masyarakat mudah tergiur dengan harga yang murah. Sementara air zamzam ini mahal harganya dikarenakan sudah langkah, namun antusias masyarakat akan air ini masih tinggi. Sepuluh liter air zamzam kami jual dengan harga Rp800 ribu,” lanjutnya.

Selain itu, perbedaan antara air zamzam yang asli dengan yang palsu itu, bisa dilihat dari kandungan mineral yang ada di dalam air tersebut. (sumber : Viva.co.id)