Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Busi Kendaraan?

0
399

busi_663_382Buanainformsi.com – Melakukan perawatan rutin merupakan salah satu langkah yang perlu diperhatikan bagi para pemilik kendaraan, salah satunya sepeda motor. Jangan sampai motor justru membuat repot, lantaran mendadak mogok saat digunakan.

Salah satu elemen penting yang kerap diabaikan performanya ialah busi. Padahal, busi merupakan elemen penting dari sebuah kendaraan bermotor, karena memiliki fungsi sebagai pematik api di dalam ruang pembakaran motor.

Jika rusak, dipastikan mesin motor tidak akan menyala. Nah, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian busi?

Dilansir WeloveHonda, Kamis 30 April 2015, penggantian busi dianjurkan dilakukan setiap motor telah menempuh jarak sekira 8 ribu kilometer.

Anjuran itu dinilai beralasan, lantaran kinerja bunga api busi setelah 8 ribu km akan menurun. Jika sudah begitu, motor pasti akan terasa tersenggal-senggal karena pasokan percikan api yang berkurang.

Dari perangkat ini pula kondisi motor sebenarnya dapat diketahui apakah dalam keadaan sehat atau tidak. Jika warna elektroda kecokelatan/merah bata tandanya pembakaran optimal. Anda tak perlu khawatir. Namun, jika warna elektroda menghitam, tanda campuran udara dan bensin tidak seimbang. Lebih banyak bensinnya alias terlalu kaya. Efeknya, konsumsi bahan bakar meningkat, alias boros.

Kemudian, kalau warna elektroda memutih, tanda kalau campuran udara dan bensin lebih banyak udaranya. Efeknya, motor bakalan lebih cepat panas. Kalau mesin kepanasan, tidak bagus buat daya tahan komponen di dalam mesin. Jadi cepat rusak. (sumber : Viva.co.id)