Kadis Perikanan Pinta Petani Waspada Endapan Racun

0
452

Lampung Utara, buana informasi – Peralihan musim ekstrim di sertai tingginya Curah Hujan di beberapa wilayah terutama Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara Paswani Hasim, Menghimbau kepada para masyarakat pemilik keramba apung agar senantiasa waspada. Selasa (5/1/2016)

Paswani Hasim Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara Mengatakan saat di temui di ruang kerjanya, bahwa para pemilik keramba apung khususnya di bendungan Way Tetabeng dan Way Rarem agar selalu waspada, di karna kan curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan endapan di dasar naik.

“racun yang terdapat pada endapan yang sudah naik kepermukaan bendungan itu, akan meracuni ikan yang ada dalam keramba.”katadia.

Paswani mengatakan, sebagian besar masyarakat petani pembesaran ikan keramba apung baik di bendungan Way Rarem ataupun di Way Tebabeng sudah mengetahui akan hal itu.

“Tentunya mereka akan lebih waspada, agar kejadian serupa yang  juga pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya lebih diantisipasi.”tegasnya.

Sementara, terkait dengan besarnya volume air saat musim penghujan. Paswani menjelaskan bahwa keberadaan keramba para petani pembesaran ikan di kedua bendungan tidak akan hanyut.

“Yang kita khawatirkan setiap musim penghujan, terjadi perubahan suhu sehingga memicu naiknya endapan racun dari dasar bendungan ke permukaan.”pungkasnya./(Red/BS/Df)