Kades Pulang, Situasi di Polsek Jabung dan Desa Negara Batin Terkendali

0
293

Lampung Timur, buanainformasi.com – Situasi di Polsek Jabung dan Desa Negara Batin, Lampung Timur, terkendali sejak Minggu Dinihari, (18/3). Polres sudah memulangkan Kades Mansyursyah sejak Malam Minggu, (17/3).

“Pengamanan tetap dilakukan di Kantor Polsek dan perusahaan sapi PT Austasia Stockfeed,” kata Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra.

Kapolres membenarkan pemanggilan Kepala Desa Negara Batin ke Polres pada malam Minggu untuk kofirmasi ganti rugi lahan dengan PT Austasia.

“Tapi informasi yang beredar di warga terjadi penahanan terhadap kades. Baru sampai Polres, warga sudah berkumpul di Polsek. Kabag Ops dan Kapolsek sudah memberi pengertian. Namun, sekitar pukul 19.30 WIB, massa bergerak ke PT Austasia, membakar furniture kantor sekuriti dan 1 unit sepeda motor,” kata Kapolres.

AKPB Yudy Chandra mengatakan ia, kemudian, meminta kades menelpon warga untuk mundur. “Warga menyanggupi Kita, kemudian mengantarnya ke Negara Batin. Sekitar pukul 21.00 kades sudah di tengah warga,” katanya.

Camat Jabung Hendri Kurniawan mengetahui pemanggilan Mansyursyah ke Polres Lampung Timur sejak sore dari adik Kepala Desa Negeri Batin. “Mereka sempat berhenti shalat dan makan di Way Jepara,” katanya.

 

Berangkat pukul empat sore dan belum pulang hingga pukul delapan malam, membuat keluarga Kades Negeri Batin bertanya-tanya. Masyarakat berkumpul dan makin malam mencapai seribuan, karena informasi yang beredar, kepala desa mereka ditahan.

Saat Kapolres mengantar Mansyursyah pulang, demikian Camat Jabung, suasana sedang tidak terkendali di Jabung. Namun melihat Kepala Desa pulang, warga berangsur-angsur pulang dari Polsek dan kantor PT Austasia.

Asisten I dan Kepala Dinas PMD Pemkab Lampung Timur, demikian Camat Jabung, sempat berdialog dengan warga, soal lahan yang mereka nilai tidak pernah diperjualbelikan ke PT Austasia dan semena-menanya perusahaan tersebut membuang limbah.

Sementara itu, Kapolda Lampung Inspektur Jendral Suntana angkat bicara terkait peristiwa kerusuhan yang terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Timur. Dia menegaskan, situasi di sana sudah aman dan kembali kondusif. “Hanya salah paham saja dan miskomunikasi, sementara permasalahannya sudah selesai,” tegas Suntana, Minggu, (18/3).

Mantan Wakapolda Metro Jaya itu mengaku langsung menerjunkan anggota Polda Lampung menuju ke lokasi. Dia juga memerintahkan Kapolres Lamtim untuk meredamkan situasi. (lipsus)