Jokowi Tegaskan Indonesia Kondisi Perang

0
481
Presiden Joko Widodo Menghadiri Acara Sidang Tahunan MPR 2015. (Isra/Sindonews).
Presiden Joko Widodo Menghadiri Acara Sidang Tahunan MPR 2015. (Isra/Sindonews).
Presiden Joko Widodo Menghadiri Acara Sidang Tahunan MPR 2015. (Isra/Sindonews).

JAKARTA, Buanainformasi.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sebagai negara berdaulat, harus disadari bahwa sejatinya sekarang dalam kondisi perang.

Namun ditegaskan Jokowi perang dimaksud bukan secara fisik. Perang dimaksud untuk memenangi perdamaian, kesejahteraan, dan kehidupan rakyat yang bahagia.

“Bukan perang fisik seperti yang dilakukan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan,” kata Jokowi dalam pidatonya di sidang tahunan MPR 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Dia menegaskan, kemenangan perang bisa terwujud jika seluruh elemen dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya lembaga-lembaga negara, bersatu tidak terjebak pada sikap egois masing-masing.

“Secara bersama-sama kita perkuat kedaulatan politik, kemandirian ekonomi, dan kepribadian dalam kebudayaan,” jelasnya.

Dia menambahkan, Trisakti harus menjadi strategi utama dalam membendung segala upaya bangsa lain yang berupaya merongrong kedaulatan, kesejahteraan, dan karakter bangsa Indonesia.

“Melihat modal sosial dan ekonomi yang kita miliki, peluang Indonesia untuk menjadi negara maju dan sejahtera sebenarnya terbuka lebar,” tukasnya.

Menurutnya, Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar dan kreatif, kelas menengah yang semakin besar, sistem politik yang demokratis,  masyarakat muslim yang moderat, dan menjadi kekuatan ekonomi ke-16 di dunia dengan pendapatan produk domestik bruto sekitar 10 ribu triliun rupiah.

“Dengan kerja keras, optimisme, dan mengubah sikap konsumtif menjadi produktif, kita akan bermartabat di antara bangsa-bangsa di dunia,” ucapnya.(Sumber, Sindonews.com)