Jokowi: HPP Gabah Kering Panen Naik jadi Rp3.700/Kg

0
367

presiden-joko-widodo-bersama-menteri-pertanian-amran-sulaiman_663_382Buanainformasi.com – Pemerintah menaikkan harga pembelian oleh pemerintah (HPP) gabah kering panen sebanyak 10,4 persen. Dengan begitu, harga beli gabah oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) menjadi Rp3.700 per kilogram (kg).

Keputusan itu diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, saat melakukan panen raya di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu 18 Maret 2015.

”Pembelian oleh Bulog Rp3.300, sekarang. Artinya, naik 10,4 persen,” ujar Presiden dikutip Sekretariat Kabinet. Setelah dinaikkan, harganya jadi Rp3.700/kg.

Menurut Presiden, kalau HPP gabah kering naiknya tinggi, harga beras akan turut terkerek. Masyarakat yang mengkonsumsi beras, kata Jokowi, akan menyalahkan dia.

“Jadi, harga padi harus pada posisi seimbang, sama dan baik. Itu kalkulasi dan hitungan-hitungannya seperti itu,” tutur Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Amran Sulaiman melaporkan, akan membagikan 5.132 unit alat mesin pertanian untuk seluruh Jawa Barat. Total traktor yang sudah dibagikan secara nasional sebanyak 30 ribu unit dari target 60 ribu unit rencana awal. “Ini bantuan terbesar sepanjang sejarah,” ujar Amran.

Tampak hadir dalam kesempatan itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (sumber : Viva.co.id)