Jelang Pilkada, Ribuan Linmas di Lampung Barat Dikerahkan

0
414

Lampung Barat, buanainformasi.com – Ribuan Satgas Perlindungan Masyarakat (Linmas) dikerahkan dalam mengamankan prosesi pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) 15 Februari mendatang.

Sebanyak 1.428 anggota Linmas dikumpulkan dalam gelar pasukan di Lapangan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Kamis, (26/1). Linmas yang tersebar di 15 kecamatan diserahkan kepada Polres Lambar untuk selanjutnya ditugaskan ke masing-masing TPS, pekon/kelurahan maupun di kecamatan.

Kasat Pol PP Lambar Jaimin, mengatakan, apel pasukan yang digelar di lapangan pemkab setempat hari ini dalam rangka untuk menujukkan kesiapan pemerintah daerah dalam rangka  turut menyukseskan Pilkada yang tinggal hitungan hari lagi.

”Pemkab akan menyerahkan  1.428 anggota Linmas kepada Polres, dari total 1.428 tersebut dengan rincian Linmas TPS dua orang per TPS dikalikan 533 TPS sehingga jumlah keseluruhan 1.066 orang Linmas,  kemudian Linmas Pekon dan Kelurahan dua orang dikalikan 136 pekon dan kelurahan dengan jumlah total 272 orang, selanjuutnya Linmas kecamatan sebanyak enam orang kali 15 kecamatan berjumlah 90 orang,”  ungkap Jaimin.

Masih kata dia, untuk pelatihan 1.428 anggota Linmas tersebut telah dilakukan sejak dua tahun terakhir, dan setelah dilakukan penyerahan kepadapihak kepolisian maka dalam pelaksanaan Pilkada nanti anggota Linmas akan berada di bawah kendali pihak kepolisian,  yang nantinya juga akan mendapatkan pelatihan dari pihak kepolisian.

”Selain apel gelar pasukan, Linmas juga akan diarahkan ke GSG (Gedung Serba Guna). Dimana akan dikukuhkan menjadi Forum Komunikasi Linmas. Selain itu dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan penyerahan SPT (surat perintah tugas) Tks Pol-PP dan Pemadam kebakaran,” terangnya.

Mengingat saat ini Satpol PP Lambar juga menaungi Pemadam kebakaran, kata dia, maka diharapkan nantinya baik Satpol PP, Pemadam kebakaran dan Linmas bisa bersinergi dalam pelaksanaan tugas, dan  terus menjalin komunikasi.

”Misalnya nanti ada musibah kebakaran,  harapan kami bukan hanya anggota pemadam kebakaran saja yang  turun, melainkan Satpol PP dan Linmas juga akan turun membantu, selain itu kami juga menekankan agar tiga unsur ini terus menjalin komunikasi,” kata dia. (Romi Erlan)