Ini penyebab melambungnya harga pangan jelang Idul Fitri

0
418

ini-penyebab-melambungnya-harga-pangan-jelang-lebaran-idul-fitriBuanainformasi.com – Fenomena naiknya harga kebutuhan pokok jelang Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri seakan sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat Indonesia. Peran pemerintah sebagai stabilitator harga seolah tidak terlihat jelang hari besar tersebut.

Direktur Institute for Development of Economic and Finance (Indef), Enny Sri Hartati mengatakan, naiknya harga jelang lebaran tidak bisa diukur hanya dari kecukupan stok yang ada. Namun menurut Enny, fenomena kenaikan harga tetap terjadi karena adanya penguasaan pasar.

“Selama penguasaan stok oleh segelintir pedagang besar dan dikuasai mekanisme pasar maka dari tahun ke tahun akan mengalami seperti sekarang (kenaikan harga),” ucap Enny ketika dihubungi  di Jakarta, Sabtu (13/).

Untuk itu, lanjut Enny, guna menekan kenaikan harga ditiap tahunnya diperlukan intervensi dari Pemerintah melalui operasi pasar. “Agar gejolak harga tidak terus terjadi perlu adanya intervensi dari Pemerintah, yaitu melalui operasi pasar,” tegasnya.

Namun demikian, jika pemerintah melakukan operasi pasar dengan sasaran pedagang besar maka dapat dipastikan hal itu tidak akan berlangsung efektif.

“Selama Pemerintah operasi pasar ke pedagang besar sama saja itu harganya akan didominasi pasar. Minimal operasi pasar menyasar distributor atau retail,” tutupnya. ( merdeka.com)