Infanteri-9 Marinir Tambah Koleksi Trumbu Karang

0
672

Pesawaran, buanainformasi.com-Transplantasi terumbu karang berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak. Seperti yang dilakukan Batalyon Infanteri-9 Marinir kembali melaksanakan kegiatan tranplantasi Terumbu Karang yang dilaksanakan di Pantai Pahawang, Pesawaran Lampung (11/3), Minggu (13/03/2016).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kampanye program Korps Marinir “Save Our Littoral Life” yang merupakan implementasi nyata program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai  Poros Maritim Dunia.

Selain prajurit Yonif-9 Marinir, turut hadir perwakilan personel dari Lanal Lampung dan warga masyarakat pesisir Ketapang dalam penanaman Terumbu Karang Pantai Pahawang tersebut.

Kegiatan diawali dengan pengikatan Terumbu Karang pada substrat yang telah disediakan, kemudian membawa puluhan substrat yang telah terpasang Transplantasi Terumbu Karang untuk menuju spot penanaman yang telah ditentukan, sekitar 200 Meter dari bibir pantai Pahawang.

Komandan Batalyon Infanteri-9 Marinir, Letkol Mar Datuk Sinaga ,menegaskan bahwa, pantai Pahawang sangat berpotensi untuk perkembangbiakan Terumbu Karang karena pantainya yang bersih dan tenang, selain itu masyarakat sekitar yang sangat antusias mengikuti penanaman Terumbu Karang tersebut karena pantai Pahawang merupakan mata pencaharian utama mereka dalam mencari rejeki dengan memanfaatkan keindahan pantai Pahawang sebagai pantai wisata, baik wisata atas air maupun wisata keindahan panorama bawah airnya bagi turis domestic maupun mancanegara.

Lanjutnya,Diharapkan dengan adanya Transplantasi Terumbu Karang secara berkelanjutan oleh prajurit Yonif-9 Mar tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya masyarakat wilayah pesisir untuk menjaga kelestarian Terumbu Karang, karena selain memiliki fungsi utama yaitu sebagai  sumber protein utama bagi makhluk hidup dan tempat berlindung ikan-ikan kecil, Terumbu Karang juga dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat sekitar maupun turis dan wisatawan yang ingin melihat keindahan panorama bawah air.Pungkasnya.(Basri)