Indonesia siapkan 4.000 personel penjaga perdamaian

0
347

Buanainformasi.com – Menterindonesia-siapkan-4000-personel-penjaga-perdamaiani Luar Negeri Retno Marsudi hari ini menyambangi kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Retno mengatakan, kedatangannya untuk membicarakan kesiapan Indonesia menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York bulan September 2015.

“Yah ada beberapa laporan, tapi terutama kita berbicara masalah persiapan sidang umum PBB yang akan berlangsung bulan September nanti dan insya Allah Pak JK yang akan mewakili Indonesia untuk hadir di Sidang Umum tersebut,” tutur Retno, Senin (13/7).

Retno mengatakan, tahun ini merupakan tahun penting bagi politik luar negeri Indonesia. Pasalnya, selain Sidang Umum PBB, akan ada Regional Meeting on Peacekeeping yang akan di selenggarakan pada 27-28 Juli mendatang.

“Kita juga akan menjadi tuan rumah dari Regional Meeting untuk Peace Keeping. Karena peace keeping ini kan salah satu di mana politik luar negeri Indonesia terlibat cukup banyak,” imbuh Retno.

Menurut Retno, Indonesia sudah menjadi negara kontributor penjaga perdamaian ke-16 terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia juga sudah mencanangkan 4.000 personel penjaga perdamaian.

“Jadi kita mencanangkan sampai 4.000 orang yang akan kita kirim. Sejauh ini sekitar 2.600 yang sudah kita kirim. Jadi itu betul-betul suatu aset bagi politik luar negeri kita dan kita akan berdayakan. Kita akan tingkatkan kontribusi kita di bidang peace keeping,” jelas Retno.(Sumber : merdeka .com)