Ikut Meriahkan Karnaval HUT Pringsewu ke-9, Enam Dubes Naik Gajah

0
335

Pringsewu, buanainformasi.com – Sembilan ekor gajah dari Way Kambas Lampung Timur meramaikan karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 Kabupaten Pringsewu pada Jumat, 30 Maret 2018, pukul 14.00 Wib.

Kesembilan gajah, lima jantan dan empat betina itu akan ditunggangi Bupati Pringsewu H.Sujadi, Wabup H.Fauzi dan Ketua DPRD H.Ilyasa, serta enam tamu duta besar negara tetangga.

Tamu negara yang hadir pada HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu, Duta Besar (Dubes) Serbia, H.E Slobodan Marinkovic dan Mrs. Mira Gnjatovic, Dubes Iraq Ablangkagdullah Hasan Saleh Alaawr, Madam Assma Mohammed Ahmed dan Mutar Abdullah Hasan Alaawr.

Dubes Belanda Mr. Carel de Groot; Oman, Mr. Anwar Ahmed M. Muqaibal, Uzbekistan, Mr. Mahmud Tohtiev dan Kamboja Mr. HOR Nam Bora dan Mr. Kao Visal. Serta ada tiga orang dari Kemenlu yakni Goghot Pragota, Abdul Muis Azis dan Maria Maryana.

Menurut Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sukarman, para pejabat dan duta besar menungganggi gajah setelah sekitar 70 peserta karnaval HUT ke-9 Kabupaten Pringewu terlebih dulu lewat dari panggung utama yang berada depan Tugu Bambu Pringsewu atau pada barisan terakhir.

 

Kemudian rombongan gajah berjalan kearah pusat Pringsewu atau sekitar 1 Km. Ketika di pusat Pasar Pringsewu para pejabat dan duta besar turun. Sedang sembilan gajah akan terus melangkah ke arah Jalan KH. Gholib, Veteran dan kembali ke lapangan depan Pendopo Pringsewu.

Keenam duta besar tersebut mengaku puas dua hari di Kabupaten Pringsewu. Beberapa di antara dubes menyatakan ingin kembali berkunjung ke daerah itu.

Hal itu terungkap dalam konferensi pers keenam dubes di Urban Hotel, Pringsewu, Jum’at (30/3) petang. Dihadiri Bupati Sujadi dan Wabup Fauzi serta dua penerjemah.

Pada kesempatan itu, Dubes Iraq Abdullah Hasan Saleh Alaawr mengaku senang selama dua hari mengikuti beberapa agenda dan berkeliling ke pusat kegiatan serta destinasi wisata di Pringsewu. Dia mengapresiasi Bupati Sujadi yang fasih berbahasa Arab.

“Saya senang Pak Bupati Suajdi fasih berbahasa Arab. Mudah-mudahan beberapa tahun kedepan saya kembali lagi di Pringsewu melihat pohon yang saya tanam pagi tadi,” ucap Abdullah Hasan Saleh Alaawr melalui penerjemahnya.

Dubes Serbia H.E Slobodan Marinkovic selain senang melihat prosesi karnaval dan pengalaman pertama naik seekor gajah. Dia juga menilai pendidikan di Kabupaten Pringsewu cukup bagus dan maju. “Nanti kami akan mengirim pelajar untuk belajar pendidikan di Pringsewu,” ujarnya.

Sedang Dubes Oman Mr. Anwar Ahmed M. Muqaibal terkesan dengan kunjungannya selama dua hari di Pringsewu. Hasil kunjungannya akan dilaporkan dan direkomendasikan menjalin kemitraan dan kerja sama.(*)