HUT Lampura Ke-70, Momentum Meningkatkan Pembangunan

0
758
HUT Lampura Ke-70, Momentum Meningkatkan Pembangunan
HUT Lampura Ke-70, Momentum Meningkatkan Pembangunan

Buanainformasi.com-Peringatan hari ulang tahun (HUT) Lampung Utara ke-70 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD Lampura, Rahmad Hartono usai melaksanakan rapat paripurna khusus dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat, Rabu (15/6).

Dalam rapat tersebut terlihat seluruh pejabat pemerintahan yang hadir mulai dari Bupati, anggota dewan, dan para pejabatnya memakai pakaian adat khas Lampung. Dipimpin Ketua DPRD, Rahmat Hartono, didampingi Wakil Ketua I, Amir Yusmeri, Wakil Ketua II, M Yusrizal, dan Wakil Ketua III, Arnold Alam. Dihadiri oleh 35 anggota dewan dari 45 jumlah anggota, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara Wakil Bupati, Sri Widodo, Forkopimda, SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan warga masyarakat setempat.

Ketua DPRD Lampura, Rahmat Hartono membacakan ikhtiar terbentuknya kabupaten tertua di Lampung itu. Setelah melalui proses panjang yang dirintis oleh tokoh daerah, bersama-sama memperjuangkan kewedanan Kotabumi dapat ditingkatkan menjadi sebuah kabupaten daerah tingkat II Lampung Utara. Dan itu dapat terwujud dengan ditetapkannya UU No.4 darurat Tahun 1956 tentang pembentukan daerah otonom kabupaten-kabupaten dalam lingkungan Provinsi Sumatera Selatan.

“Penjelasan bersama dalam tambahan lembaran negara nomor 1091, disebutkan bahwa dengan batas-batas sebagaimana dimaksudkan dalam ketetapan Kresidenan Lampung, Negara Republik Indonesia tertanggal 15 Juni 1946 No. 304 yang berkedudukan di Kotabumi,”kata dia kemarin.

Menurut Rahmad, selama 70 tahun berdirinya Lampura telah banyak prestasi diraih, dan pembangunan juga telah banyak dilaksanakan, hingga merubah wajah daerah seperti dirasakan saat ini. Namun demikian, masih banyak pula yang belum dilakukan, untuk itu kedepannya akan bersama-sama antara eksekutif-legislatif serta seluruh elemen didalamnya.

“Jadi, bersama-sama kita membangun daerah ini agar dapat lebih baik kedepannya,”kata Ketua DPRD Lampura ini.

Rahmad menjelaskan bahwasanya pembangunan bukan hanya menjadi peran pemerintah semata. Akan tetapi, seluruh elemen yang ada didalamnya, mulai dari eksekutif, legislatif, Forkopimda, SKPD dan elemen masyarakat lainnya. Dalam melaksanakan, mengawasi dan memelihara hasil-hasil pembangunan.

“Dengan tema peringatan HUT Lampura ke-70, bersatu kita kuat, bersama kita hebat mari bersama-sama sukseskan pembangunan daerah. Jalin hubungan harmonis dengan koordinasi dan saling menghormati, maka akan terjalin hubungan baik dalam merubah kabupaten menjadi lebih baik lagi,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lampura dalam sambutan menyambut baik niat dari pihak legislatis setempat. Menurutnya, dengan terjalinnya hubungan harmonis antara seluruh unsur daerah maka secara tidak langsung dapat menjadi sumber kekuatan dalam mewujudkan perubahan nyata di Lampura. Meski masih banyak terdapat kekurangan disana-sini, pihaknya optimis kedepan daerah terkenal dengan lada hitamnya itu akan menjelma menjadi daerah diperhitungkan dan unggulan di lampung ini.

“Kita patut berbangga memiliki semboyan Bumi Ragem tunas lampung, walaupun berbeda-beda suku, agama, dan budaya namun tetap bersatu. Sehingga dapat terikat kuat, sekaligus modal dasar dalam mewujudkan lampura, maju, aman sejahtera, bermartabat serta agamis,”kata Bupati.

Agung menjelaskan sampai dengan saat ini telah terbangun suasana kondusif di kabupaten berjuluk Lampura sikep itu. Sehingga hasil pembangunan dapat dirasakan benar dampaknya oleh masyarakat. Hal itu terbukti dengan banyaknya penghargaan diraih, seperti diterima pada tahun ini, yakni Top pembina BUMD dan terbaik dalam syariah return sharing tingkat nasional.

“Ini semua terwujud berkat kerja sama baik antara elemen pemerintah, masyarakat dan seluruh elemen didalamnya. Dalam momentum peringatan harlah ini saya mengajak kepada kita semua untuk dapat memberikan karya nyata terbaik bagi kemajuan daerah. Sesuai dengan kapasitas dan kabilitas masing-masing,”ujarnya.(Basri subur)