HUT Dekranasda Bupati Pesawaran Mengaku Puas dengan Kinerja Kerajinan Tapis Lampung

0
432

Pesawaran, Buanainformasi.com – Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, ST mengungkapkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dekranas Kabupaten Pesawaran. SDM yang ada di Kabupaten Pesawaran tidak kalah dengan Kabupaten lain, diharap Dekranasda dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan kerajinan di Pesawaran dalam rangka menghadiri HUT Dekranas ke-38 di Aula Pemkab Pesawaran, rabu (07/03/18).

“Saya mau tenun tapis kita bisa lebih meningkat lagi, melalui Dekranasda hasil kerajinan tangan orang Pesawaran yang dapat berdaya saing di Pesawaran,” ungkap Bupati.

Untuk diketahui, Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) menyampaikan jumlah binaan Dekranasda Kabupaten Pesawaran saat ini berjumlah 311 pengrajin yang tersebar di semua Kecamatan. Adapun bentuk kegiatan dari Dekranasda Kabupaten Pesawaran pada tahun 2016 mengadakan program mesin dan peralatan sebanyak 20 KUB bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang kerajinan, kunjungan kerja yang dilaksanakan di Sumatera Barat yang bergerak di bidang kerajinan bordir, BIMTEK bagi para Pelaku Usaha Kecil Kerajinan baru. Pelatihan ditempat kerja atau magang bagi industri kecil kerajinan yang dilaksanakan di Yogyakarta, pembinaan pengrajin melalui kegiatan pelatihan kemitrausahaaan dan manajemen usaha,” ujarnya.

 

Selain kegiatan diatas Dekranasda Kabupaten Pesawaran juga mengikuti event-event pameran baik tingkat Provinsi dan tingkat Nasional untuk mempromosikan dan memperkenalkan hasil produk kerajinan JCC Senayan, Pameran Crafina di Jakarta, Surabaya TTI Expo 2017, Pameran HARGANAS dan Lampung Fair tahun 2017 di Bandar Lampung serta Semarak Pesawaran dalam rangka HUT Kabupaten Pesawaran, “tambahnya.

Lanjut disampaikan Bupati Pesawaran itu, tapis ini bisa di jadikan sebagai nilai investasi. Dalam perkembangannya desain tapis Lampung yang biasa memakan waktu lama untuk membuatnya, semakin kaya dengan beragam motif, mulai dari alam, flora hingga fauna. Yang menarik, motif kapal sangat populer bagi tapis Lampung sebagai cerminan nuansa kemaritiman di Lampung, “tutupnya.(*)