HPI Lampung Jalin MoU Dengan PUTRI Guna Kembangkan Pariwisata Lampung

0
262

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Lampung menandatangani kerja sama (MoU) dengan Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Lampung. Penandatanganan ini sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan Pariwisata di Provinsi Lampung.

Bhakti Setiadi Negara, Ketua DPD HPI Lampung menjelaskan hingga saat ini HPI sudah mempersiapkan beragam kemampuan bahasa salah satunya bahasa arab, Perancis, Mandarin, Spanyol dan Inggris untuk menyambut kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

“Insya allah HPI Lampung siap berkontribusi untuk kemajuan Pariwisata Lampung, mudah-mudahan dengan momen rakerda ini kita mampu meningkat lagi dari pemandu yang ada di Provinsi Lampung sehingga dapat memberikan pelayanan lagi yang lebih maksimal,” kata dia di Taman Wisata Lembah Hijau, Selasa (3/4).

 

Selain MoU antara HPI dan PUTRI diharapkan dapat bersinergi langsung dengan rencana pengembangan destinasi Pariwisata yang ada di Lampung, serta meningkat kunjungan yang ada di pariwisatawan.

Perlu diketahui PUTRI sendiri merupakan organisasi yang membawahi Taman Rekreasi yang ada di Indonesia, oleh sebab itu HPI ingin bekerja sama sehingga taman rekreasi yang ada di Provinsi Lampung harus mempunyai pemandu-pemandu kompeten.

“Karena itu kami berkomitmen dengan ada MoU ini dapat menambah pelayanan yang maksimal untuk pengunjung ke Lampung,” jelasnya.

Saat ini HPI sudah terbentuk di 4 Kabupaten yang merupakan tempat potensial Pariwisata di Lampung yakni Pesawaran, Lampung Timur, Kota Metro dan Lampung Barat. Dan dalam waktu dekat rencananya akan bertambah yaitu di Kota Bandar Lampung dan Lampung Selatan.

Sementara Kadis Pariwisata Lampung Budiharto mengklaim Kunjungan parawisatawan ke Provinsi Lampung meningkat tajam dibandingkan tahun 2016 yaitu hanya 30 persen sedangkan 2017 mencapai 54 persen peningkatannya.

“Peningkatan ini sangat luar biasa, semua ini berkat rekan-rekan kita dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Lampung, Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) dan semua yang terlibat,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan meningkatkan kembali tentunya dengan dibantu Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdiri dari HPI, PUTRI dan lainnya yang tentunya berkaitan dengan kepariwisataan.

“Bagaimana cara menarik wisatawan agar datang ke Lampung? Dan seperti apa? Dan bagaimana cara mempromosikannya? Itu upaya yang harus kami lakukan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Irwan Nasution Pemilik Taman Wisata Lembah Hijau mengapresiasi langkah MoU antara HPI dan PUTRI, terlebih sebagai salah satu tempat wisata di Lampung dan dipilihnya sebagai tempat penandatanganan MoU merupakan suatu kebanggaan tersendiri.(*)