Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2015.

0
620

Lampung Utara, buana informasi – Intensitas curah hujan di wilayah Lampung Utara di musim penghujan tahun ini mulai telah normal pada pekan kedua bulan ini. Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara pada hari puncak gerakan penanaman pohon serta perempuan tanam dan pelihara pohon tingkat Kabupaten tertua di Lampung itu dilaksanakan di lokasi Waduk Tirta Shinta, Desa Wonomerto, Kecamatan Kotabumi Utara hari ini, Selasa (15/12),

Dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam Tahun 2015.

“Menurut data dari BPS hari dan berdasarkan pemantauan kami, saat ini telah cocok untuk melakukan penanaman pohon. Oleh karenanya kenapa pada saat ini di laksanakan kegiatan tersebut, karena hujan turun telah mulai normal. Jadi kenapa kegiatan kota agak terlambat dibandingkan daerah lainnya,”kata dia kemarin.

Menurut Agung masyarakat jangan hanya dapat menebang saja, dikala menanam dan memelihara tidak pernah dilakukan. Sebab, pohon dan hutan bukan hanya warisan dari nenek-moyang semata. Akan tetapi titipan untuk anak cucu di masa mendatang.

“Oleh karenanya jangan hanya bisa memanfaatkan hasil hutan saja seperti kayu, namun juga mau menanamnya hingga besar. Karena itu semua bukan titipan dari nenek-oyang kita untuk dihabiskan. Akan tetapi titipan untuk para anak-cucu kita dimasa yang akan datang,”kata Alumni STPDN Jatinangor ini.

Agung menjelaskan dampak pemanasan global telah mulai dirasakan pada saat ini di seluruh nusantara ini, tidak terkecuali wilayah Bumi Tunas itu. Seperti kemarau berkepanjangan, banjir dan musim tidak dapat diterka oleh akal sehat. Untuk itu diperlukan usaha dalam mengantisipasi dampak yang lebih luasnya, oleh seluruh komponen masyarakat bukan hanya pemerintah. (Basri Subur)