Harga Jual Karet Mentah Anjlok, Masyarakat Kecil Jadi Imbasnya

0
1246

Lampung Utara (lampura), buanainformasi.com-Anjloknya harga jual karet mentah di sejumlah wilayah provinsi lampung, berimbas kepada masyarakat kecil yang tinggal di pedesaan. Pasalnya sejak tahun 2015 lalu sampai awal tahun 2016 menjadi tahun yang sangat pailit . karena untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari masyarakat di pedesaan rata- rata penghasilannya dari menyadap karet. Seperti di wilayah kabupaten lampung utara, masyarakat kecil yang tinggal di pedesaan mengeluh karena harga jual karet mentah anjlok. Sabtu(30/1/2016).

Hampir setiap sudut di wilayah kabupaten lampura, Masyarakat mengeluh karena anjloknya harga jual karet mentah dapat berpengaruh kepada kesejasteraan masyarakat terutama masyarakat yang ada di pedesaa akibat harga jual karet mentah tidak sesuai dengan harga bahan pokok, tentunya dengan kondisi yang seperti ini dapat menjadi salah satu penyebab meningkatnya tindak kriminalitas di wilayah lampura, “ kenapa tidak , karena kalau kondisinya terus seperti ini harga jual karet mentah anjlok pengaruhnya ke perut.” Ujar beberapa warga yang enggan nama mereka di publikasikan.

Nasir (45) Warga Desa Alamjaya, Kecamatan Kotabumi Selatan mengatakan, anjloknya harga jual karet mentah dampaknya sangat di rasakan oleh masyarakat kecil yang hidup di pedesaan, dari tahun 2015 tahun lalu sampai bulan januari tahun 2016 harga jual karet mentah semakin anjlok. Tahun 2015 lalu harga jual karet mentah di pengepul/agen berkisar Rp, 4000,- Rp, 4500,-/kg, tetapi tahun 2016 semakin anjlok. ia menjelaskan, saat ini harga jual karet mentah di pengepul hanya berkisar Rp, 3500,- Rp, 4000,-/kg tentunya harga tersebut sangat merugikan para petani karet. Mengingat saat ini harga bahan pokok meroket, terlebih harga beras sangat tidak berimbang dengan harga jual karet, kata Nasir.

Tambah pria yang memiliki dua orang anak ini, “ usaha sehari – hari saya adalah menyadap karet, kebun karet yang saya sadap milik tetangga satu desa dengan saya, dengan catatan hasilnya di bagi dua, dalam satu hari saya mendapatkan hasil getah karet mentah yang telah di cetak dengan berat 10kg kemudian saya jual ke pengepul di sini seharga Rp, 3500,-/kg dan mendapatkan uang sebesar Rp, 35,000,-.lalu uang hasil jual karet mentah tersebut di bagi dua dengan pemilik kebun karet. tentunya dengan bagian uang Rp, 17,500,- pendapatan tersebut sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari, ujar Nasir.

Di tempat berbeda Medi (43), salah seorang distributor karet dari kotabumi mengatakan, ia membeli karet mentah di lapangan saat ini berkisar Rp, 4000,- Rp, 4500,-/kg, anjloknya harga jual karet disebabkan karena harga jual di pabrik karet tempat ia menjual harganya selalu turun naik, hal tersebut tentunya sangat merugikan pedagang dan para petani. Menurut medi normalnya harga jual karet mentah dari petani setidaknya berimbang dengan harga beras, “ normalnya harga karet setidaknya di kisaran Rp, 8000,- Rp, 10,000,-/kg.
Kalau harganya terus seperti ini dapat berakibat pertani karet berhenti menyadap karet, tentunya produksi karet di Indonesia akan berkurang, ungkap Medi.

Medi menambahkan, anjloknya harga jual karet mentah berawal dari tahun 2014 hingga tahun 2016. Tetapi tahun 2016 harga jual karet mentah terhitung harga terendah dari tahun sebelumnya, karena di tahun 2014 harga jual karet berkisar Rp, 8000,-/kg, tahun 2015 harga jual karet anjlok berkisar Rp, 6000,-/kg. Papar Medi.

Medi juga mengatakan kalau selama ini, sepertinya, tidak pernah ada campur tangan pemerintah untuk menyikapi anjloknya harga jual karet mentah. Harapan Medi kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat agar dapat menyikapi anjloknya harga jual karet mentah dan bagaimana upaya pemerintah agar dapat mensetabilkan harga jual karet mentah tersebut.
menurut pandangan medi selaku distributor, kalau harga jual karet mentah dari petani di kisaran angka Rp, 8000,- Rp 10,000,-/kg itu di posisi aman untuk para petani karet, karena kisaran harga Rp, 8000,- Rp, 10,000,/kg berimbang dengan harga bahan pokok salah satunya harga beras. Tutup Medi.

http://www.buanainformasi.com/harga-jual-karet-mentah-anjlok-m…

buanainformasi.com-Anjloknya harga jual karet mentah di sejumlah wilayah provinsi lampung, berimbas kepada masyarakat kecil yang tinggal di pedesaan. Pasalnya sejak tahun 2015 lalu sampai awal tahun 2016 menjadi tahun yang sangat pailit . karena untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari masyarakat di pedesaan rata- rata penghasilannya dari menyadap karet. Seperti di wilayah kabupaten lampung utara, masyarakat kecil yang tinggal di pedesaan mengeluh karena harga jual karet mentah anjlok. Sabtu(30/1/2016).

Dikirim oleh Basri Subur pada 30 Januari 2016