Hanya 15 Rumah Sakit di Indonesia Yang Bisa Tangani Kanker

0
444

Jakarta, buanainformasi.com – Jumlah dokter dan rumah sakit yang bisa menangani penyakit kanker di Indonesia masih terbatas dan lebih banyak terpusat di Pulau Jawa.

Pendiri Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia (YKKI) Ira Soelistyo di Jakarta, Kamis mengatakan jumlah dokter kanker anak di Indonesia hanya sekitar 79 orang.

“Hanya 79 dokter kanker anak di seluruh Indonesia. Umumnya di Pulau Jawa,” kata Ira.

Sementara jumlah rumah sakit yang bisa menangani penyakit kanker hanya 15 rumah sakit di seluruh Indonesia.

 

“Tidak semua provinsi ada penanganan kankernya. Umumnya semua kirim ke RSCM, sehingga RSCM penuh dengan penanganan kanker,” katanya.

Dia menjelaskan ruangan rawat inap anak di RS Cipto Mangunkusumo seluruhnya dipenuhi oleh anak dengan kasus kanker.

Ira mengharapkan agar pemerintah bisa mengembangkan sumber daya manusia dan fasilitas kesehatan yang bisa menangani kanker di daerah. Atau setidaknya, lanjutnya, di setiap daerah memiliki tempat pelayanan seperti rumah singgah untuk penanganan kasus kanker.

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Abdul Kadir mengakui jumlah SDM dan infrastruktur kesehatan menjadi tantangan dalam penanganan kasus kanker.

Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, kanker menjadi penyakit nomor dua yang menyerap pembiayaan terbesar dengan total Rp2,1 triliun per tahun, setelah penyakit jantung.(*)