Hadiri Musrenbang, Wakil Bupati Tanggapi Kawasan Register 38

0
348

Lampung timur, buanainformasi.com – Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhari beserta beberapa SKPD serta Forkopimcam kecamatan sekampung udik Lampung Timur menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan di desa Bauh Gunung Sari kecamatan Sekampung Udik Lamtim (20/2).

Di sela acara musrenbang wakil bupati Zaiful bukhori menyampaikan meminta kepada warga yang tinggal di kawasan Register 38 Eks Gunung Balak untuk menanam pohon penghijauan kembali.

Lebih lanjut, “himbauannya ini kepada warga yang tinggalnya di daerah Register 38 agar menanam pohon kembali jangan malah menebang karena sama saja itu merusak ekosistem Hutan lindung itu sendiri. “Ujar zaiful

Selain itu Zaiful juga menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten Lampung Timur sedang berusaha melakukan pembebasan tanah atas dua desa yang berada di kawasan Register 38 untuk dapat di definitifkan. “Pemerintah sedang mencari solusi sekaligus mencari ganti apabila dua Desa yaitu Sidorejo dan Brawijaya akan di definitifkan, Ini kan hutan lindung jadi harus ada gantinya, yang ada dan masih luas itu di daerah Way kanan.”jelasnya .

Terjadinya sawah  di kecamatan Mataram Baru dan Labuhan Maringgai terendam banjir karena hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan tanggul sungai Way curup jebol dan air menerjang sawah di empat desa

Oleh sebab itu Warga di Desa Mandala sari dan Desa Kebun Damar menuding gundulnya hutan lindung Gunung Balak adalah inilah penyebab terjadinya banjir, Hutan register 38 Gunung Balak adalah hutan pelindung danau Jepara dan danau Kemuning,jelasnya.

Semenjak hutan itu di rambah oleh warga debit air danau Way jepara menjadi tidak stabil, oleh sebab itu warga desa Mandala sari dan Kebun Damar meminta pemerintah tegas untuk menghijaukan kembali hutan lindung register 38 serta mengembalikan lagi fungsinya semula,paparnya. (Riswan)