H-6 Lebaran, Ribuan Kendaraan Padati Tol Brebes

0
391
H-6 Lebaran, Ribuan Kendaraan Padati Tol Brebes
H-6 Lebaran, Ribuan Kendaraan Padati Tol Brebes

Buanainformasi.com-Memasuki H-6 Lebaran 2017, volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah melalui Tol Pejagan-Brebes Timur (Brexit) meningkat signifikan. Pada kondisi normal, kendaraan yang melalui Tol Brebes Timur rata-rata 17 ribu kendaraan, sedangkan saat ini sudah mencapai 27 ribu kendaraan.

“Pada Senin, 19 Juni memang ada peningkatan volume kendaraan, tetapi masih terkendali dan arus lalu lintas ramai lancar,” ucap Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen Polisi Condro Kirono, Selasa (20/6/2017).

Untuk mengurai kemacetan, otoritas jalan tol yang bekerja sama dengan pihak kepolisian pun mengoperasikan ruas Tol Brebes Timur-Gringsing secara fungsional. Dengan pengoperasian ruas tol tersebut, maka akan mengurangi antrean kendaraan yang sebelumnya hanya bisa keluar di pintu Tol Brebes Timur dan Kaligangsa.

Kepala Cabang Pengelola Tol Kanci-Pejagan-Pemalang, Zulmarlian Iskandar, mengatakan tol fungsional itu hanya diperuntukkan bagi kendaraan ukuran kecil atau pribadi.Untuk melayani para pemudik tersebut, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 10 gardu pembayaran dengan daya tampung 35 ribu hingga 40 ribu kendaraan per hari. Gerbang tol itu merupakan pintu terakhir bagi kendaraan yang akan melintasi ruas Brebes-Pemalang-Batang dari arah Jakarta. Selepas itu, di tol fungsional pemudik digratiskan.”Yang jelas, untuk saat ini kami siap melayani pemudik, makannya hari ini kami buka.” ucap Zulmarlian.

Kapolda mengimbau pemudik yang akan melintas tol fungsional Brebes-Pemalang-Batang untuk lebih mempersiapkan diri, baik perbekalan, kesiapan kendaraan dan bahan bakar minyak (BBM).

Meski di dalam dalam tol ada BBM yang telah disediakan Pertamina dengan bentuk kemasan, tetapi sebaiknya kondisi BBM mobil diisi penuh. Sebab, BBM kemasan itu hanya tersedia dalam ukuran 10 liter. “BBM ini hanya bersifat emergency saja.” Himbau Kapolda.

Pertamina menyiapkan 8 titik lokasi pengisian BBM di jalan tol fungsional, mulai dari Brebes hingga Gringsing untuk melayani pemudik yang akan melewati jalur tersebut. “Oleh Pertamina disiapkan mobil tangki untuk pengisian BBM di sepanjang tol fungsional.Sementara enam titik pengisian BBM itu terdapat di sepanjang jalan tol fungsional Brebes hingga Gringsing dan dua titik lainnya, yaitu di tol fungsional Solo-Ngawi.

Menurut kapolda di delapan titik tersebut akan disiapkan mobil tangki BBM yang langsung bisa melakukan pengisian ke kendaraan. Selain itu, ada juga BBM kemasan yang siap diedarkan. “Ada juga motor operasional untuk mengangkut BBM, agar bisa menjangkau kendaraan yang kehabisan bensin, dan motor ini bisa beroperasi di jalan tol,” Pertamina menambah sekitar 40 persen BBM untuk di Jawa Tengah, karena kepadatan kendaraan diprediksikan terjadi di wilayah tersebut” Ujarnya.(*)

Sumber: Liputan6.com