H-1 IDHUL ADHA PERMINTAAN KETUPAT MELONJAK

0
508
H-1 IDHUL ADHA PERMINTAAN KETUPAT MELONJAK
H-1 IDHUL ADHA PERMINTAAN KETUPAT MELONJAK

BUANAINFORMASI.COM-Sejumlahperajinketupat mengaku mengalami lonjakan permintaan pembuatanketupat menjelang H-1 IdhulAdha, bahkan dalam satu hari perajin harus membuatsedikitnya 3000 biji, untuk mencukupi kebutuhan pesanan konsumen.  “Pesanan pembuatan ketupat meningkat hingga 50 persenlebih, lonjakan omzed tersebut pendapatannya sebagai pedagangmusiman ketupat padasaat perayaan hariraya lebaran atau Qurban. ” kata Sunarto (40) PedagangketupatPasarKandis, di Bandar Lampung. Minggu (11/9/2016)

Diamenjelaskan, Rata-rata pedagang mampumenjual 200 ikatlebih, “Tahun ini penjualan ketupat pada moment hari Qurban terlihatl onjakanya dibanding tahunkemarin, dan bersyukur Idhul Adha tahun ini pesanan ketupat jauhlebih banyak dari pada pesanan di harirayaI dhulFitri, pasalnya di hariraya Qurban seperti saatini, jumlah perajin dan pedagang ketupat sangat sedikit, sehingga kondisiitu membuat lonjakan permintaan.” kata Sunartolagi.

Lanjut Sunarto menjelaskan, mendapatkan bahanbaku janurkuning tidaklah sulit, sebagian besar perajin memperolehjanur  didalamkampung, setiapwarga pasti memiliki tanaman kelapa. IdhulAdha 1437 H menjadi momentum hariber qurban bagiumat muslim, tidakhanya hiruk pikuk hewan qurban yang akan di sebelih saja, pernak pernik Idhul Adha seperti ketupat menjadi menu wajib bagiuamat muslim untuk di santap padahari Qurbantersebut.

Rangkaian ketupat yang di buat dari janur atau daun kelapa muda ini, memang melekat menjadi benda wajib padasaat moment perayaan hariraya Lebaran dan hari Raya Qurban, momen hariraya Idhul Adha ini memberikan berkahtersendiri bagi sebagian besar pedagang danperajin ketupat rumahan, tentunya dengan melonjakanya permintaanini, mampu mendatangkan rezeki tambahan untuk merayakan hariraya Idhul adha.

Omzed pedagang ketupat mencapai  Rp 500 ribu hingga 1 jutalebih, jumlahtersebut akan bertambah disaat perajin melayani pesanan pembuatan ketupat untuk beberapa pasar, harga ketupat perikat dengan isi  12 bijibekisar Rp.5000 hingga Rp.7000 per ikat.

Pantauan buanainformasi, hari ini Sejumlah pasar yang berada di kota Bandar Lampung menjelang H-1 Idhul Adha dipadati masyarakat yang akan membeli kebutuhan hari raya Qurban, dan sebagian besar dari pasar tersebut banyaak di datangi pedagang dadakan ketupan, mereka biasanya merangkai ketupat langsung dari tempat mereka berjualan.(Laporan: Konteributor/ Hingki dan Mukelas)