Guna Maksimalkan Potensi Daerah, Pemkab Tubaba Jalin Kerja Sama dengan LIPI

0
287

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pemerintah Tulang Bawang Barat (Tubaba) menjalin kerja sama dalam rangka memaksimalkan potensi yang dimiliki daerah tersebut.

Plt. Kepala LIPI, Bambang Subianto, seusai penandatanganan MoU antara LIPI dan Pemerintah Tubaba, Selasa(27/3),mengatakan, LIPI akan segera mengirim tim ilmu sosial dan pengetahuan alam untuk melihat potensi yang bisa dikembangkan di daerah Tubaba dan baik sumber daya alam maupun karakteristik sosial, ekonomi dan budaya masyarakat setempat.

 

Ditambahkan Bambang, dalam kerja sama ini LIPI akan mengintervensi potensi-potensi yang nantinya ditemukan dengan teknologi yang dimiliki LIPI, sehingga berbagai potensi seperti di sektor peternakan maupun sektor lainnya dapat dimaksimalkan, sehingga daerah Tubaba yang saat ini masih jauh tertinggal dengan kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Lampung dapat bersaing menjadi daerah yang berkembang.

“Tehnisnya setelah MoU, kita akan kirim tim yaitu tim sosial dan ilmu pengetahuan alam untuk melakukan penelitian potensi di sana, yang jelas kami berkomitmen hingga selesai sampai masyarakat Tulang Bawang Barat menjadi mandiri,” Ujar Bambang Subianto.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tubaba, Umar Ahmad, mengatakan, daerah yang dipimpinnya merupakan daerah yang memiliki posisi yang kurang strategis dan minim sumber daya sehingga dibutuhkan kreatifitas dan sentuhan teknologi untuk memajukannya.

Menurut Umar, dengan campur tangan LIPI melalui teknologi yang dimilikinya diharapkan dapat merubah Kabupaten Tubaba dari daerah yang tertinggal menjadi daerah yang maju karena dapat memaksimalkan potensi yang ada.(*)