Gelar Sidak, Berbagai Obat Berbahaya Ditemukan BBPOM di Pasar Natar

0
239

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Balai Besar POM Bandar Lampung menemukan obat daftar G yang termasuk kategori berbahaya saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Natar, Lampung Selatan, Selasa (6/2/2018) pukul 7:00 WIB. Selain itu, didapati juga makanan yang mengandung zat kimia berbahaya yaitu Borax.

Petugas BBPOM, Hotna Panjaitan mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan tugas rutin. Dia menjelaskan, pihaknya masih akan melakukan penelitian lebih mendalam terhadap barang temuan di Pasar Natar.

“Ada obat daftar G dan makanan seperti kerupuk singkong lalu eyek-eyek yang mengandung borax,” ujarnya. Adapun Obat Daftar G, yaitu obat yang untuk memperolehnya harus dengan resep dokter ditandai dengan lingkaran merah bergaris tepi hitam dengan tulisan huruf K di dalamnya.

Obat-obatan yang masuk dalam golongan ini adalah antibiotik (tetrasiklin, penisilin, amoksisilin dsb) atau obat yang mengandung hormon (obat penyakit diabetes, obat jantung, obat penenang, obat alergi, dsb). Obat ini dinamakan obat keras karena kalau digunakan secara sembarangan bisa membahayakan, meracuni tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian.

Di dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 02396/A/SK/VIII/1989 obat daftar G adalah obat keras, yaitu semua obat yang pada bungkus luarnya oleh si pembuat disebutkan, bahwa obat hanya boleh diserahkan dengan resep dokter. (*)