Game Indonesia bisa bersaing dengan luar negeri

0
762

Buanainformasi.comgame-indonesia-bisa-bersaing-dengan-luar-negeri-wawancara-andi-suryanto“Kita tidak berhenti bermain karena kita sudah tua, tetapi kita menjadi tua karena kita berhenti bermain!” begitu Benjamin Franklin memberikan kata-kata motivasi. Kata-kata itu juga menjadi ide pemikiran Asosiasi Game Indonesia (AGI) melihat potensi pertumbuhan sebagai penyedia jasa game lokal baik kaum muda maupun orang tua.

Berdasarkan survei Newzoo tahun 2014, industri game di Indonesia meningkat pesat. Nilainya fantastis, Rp 2,3 triliun. Meningkatnya nilai game produksi Indonesia ini bukan tanpa sebab, saban tahun sekitar 100 game Indonesia berhasil diproduksi. Potensi ini mengisyaratkan jika industri game di Indonesia juga tak kalah dengan luar negeri. Bahkan game berbasis online juga tak kalah menarik peminat.

Saat ini game online buatan Indonesia bersaing dengan produksi luar negeri. “Mampu sekali, sudah ada beberapa game Indonesia yang sukses juga di dunia. Seiring waktu dan pengalaman, akan bertambah banyak game Indonesia yang sukses,” kata Ketua AGI Andi Suryanto saat berbincang melalui pesan elektronik, kemarin.

Lalu bagaimana perkembangan game Indonesia sesungguhnya? Meskipun pertumbuhan game di Indonesia belum sampai 15 tahun berjalan, namun Andi meyakini jika game produksi dalam negeri bisa bersaing dalam dunia internasional. “Tentunya seiring perkembangan waktu, pengalaman developer Indonesia akan dapat bersaing secara global,” ujarnya.

Berikut penuturan Andi kepada Pramirvan Datu Aprilatu dari merdeka.com soal kondisi perkembangan industri Game di Indonesia:

Bagaimana kondisi industri game online di Indonesia, apakah bisa bersaing dengan game online produksi luar negeri?

Kondisi industri game online di Indonesia amat besar sebagai market, untuk game developer sendiri saat ini mulai bisa bersaing untuk mobile game.

Berapa besar potensi pasar game online di dalam negeri?

Berdasarkan dari data survei Newzoo di tahun 2014, Industri game di Indonesia total bernilai USD 181,000,000 (Rp 2,3 triliun)

Bisa dijelaskan dengan angka, berapa produksi game online sampai sekarang?

Setiap tahunnya kurang lebih ada 100 game yang dihasilkan dari developer Indonesia.

Data asosiasi, ada berapa perusahaan game online ini?

Dari data asosiasi, saat ini ada kurang lebih 100 perusahaan game developer di Indonesia.

Apakah dari semua perusahaan game online itu terus tumbuh, bisa dijelaskan kondisi konkretnya sekarang?

Industri game adalah industri kreatif, tentunya hanya perusahaan game yang kreatif dan menarik yang bisa tumbuh dengan baik.

Menurut anda, seberapa besar pengaruhnya perkembangan internet dengan dunia game online sendiri dan apa alasannya?

Game online hanya bisa dimainkan dengan koneksi internet, semakin besar pengguna internet artinya semakin besar market gamer di Indonesia

Dominasi game online di Indonesia masih dikuasai game asing. Apa penyebabnya?

Sebagai industri Indonesia sudah kalah waktu, industri game di Indonesia belum ada 15 tahun dibanding negara lain. Tentunya seiring perkembangan waktu, pengalaman developer Indonesia akan dapat bersaing secara global.

Anda melihat pasar game Indonesia tiga tahun terakhir seperti apa? Tren tiap tahunnya bagaimana?

Baik dan selalu meningkat. Bisa dilihat dari profil AGI.

Apa kesulitannya bagi publisher lokal menghadapi serbuan game asing?

Yang terpenting adalah memiliki game yang berkualitas dan mampu mempromosikannya ke gamer di Indonesia. Dengan tidak adanya regulasi khusus dari pemerintah untuk industri game, kesempatan untuk publisher lokal dan publisher asing sama saja.

Anda sebagai salah satu publisher game online terbesar di Indonesia. Apa latar belakangnya anda terjun ke dunia game online?

LYTO berdiri pada tahun 2003 yang pada saat itu belum ada publisher lokal untuk game. Tentunya kesempatan ini kami gunakan, dan pendiri LYTO mayoritas juga dari latar belakang dunia IT.

Menurut anda, apa positifnya bagi para gamer memainkan game online?

Game adalah salah satu hiburan dalam kehidupan dari lama, game online merupakan perkembangan teknologi dari game dimana pemain dapat saling berinteraksi dan menambah teman.

Perkembangan telepon selular atau mobile apakah ikut mempengaruhi pasar?

Tentu saja, sekarang game mobile merupakan tren yang terbaru di industri game secara global.

Menurut anda apakah support produk selular lokal dengan spesifikasi game online sendiri?

Produk selular lokal sudah dapat memainkan game mobile yang ada saat ini.

Menurut anda, bagaimana peran developer bagi publisher game online sendiri? Apa kesulitannya memasarkan produk game sendiri bagi publisher?

Tidak ada masalah, selama game yang dibuat sesuai dengan market Indonesia, tentunya dapat dipasarkan setara dengan game asing. Sudah ada beberapa game lokal yang dipublish publisher lokal.

Developer asing masih mendominasi SDM Indonesia? salah satunya gameloft dan lainnya? Bagaimana menurut anda?

Saya rasa dengan masuknya developer asing akan menambah pengalaman yang baik untuk SDM developer-developer Indonesia.

Anda yakin mampu bersaing di tengah serbuan game asing?

Mampu sekali, sudah ada beberapa game Indonesia yang sukses juga di dunia. Seiring waktu dan pengalaman, akan bertambah banyak game Indonesia yang sukses.(Sumber : Merdeka.com)