DPRD Tanggamus Setujui Raperda Pertanggung Jawaban Bupati Tahun 2016

0
297

Tanggamus, buanainformasi.com – DPRD Tanggamus menggelar rapat paripurna pengesahan rancangan peraturan daerah Tanggamus tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun anggaran 2016.

Pengesahan Raperda tersebut setelah melalui pembahasan oleh panitia khusus (pansus) yang kemudian ditindaklanjuti dengan rapat paripurna penyampaian laporan hasil pembahasan persetujuan DPRD dan pendapat akhir kepala daerah terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, Rabu (26/7) di Gedung parlemen Tanggamus.

Juru Bicara Pansus LKPj, Fakhrudin Nugraha menyampaikan saran kepada pemkab Tanggamus, ada delapan saran yang dibacakan oleh politisi PKS itu, diantaranya  mengenai banyaknya temuan dari hasil audit BPK RI yang mana meminta agar pemkab menyelesaikan permasalahan tersebut demi kemajuan Kabupaten Tanggamus, kemudian seluruh SKPD  dalam menyusun kegiatan agar lebih selektif.

“Dalam menyusun kegiatan-kegiatan tahun anggaran berikutnya agar pihak eksekutif berkoordinasi dengan legislatif agar tidak terjadi tumpang tindih dalam kegiatan berikutnya, serta diharapkan 30 persen sampai 40 persen hasil reses DPRD menjadi dasar penyusunan kegiatan tahun anggaran berikutnya,”ujarnya.

Lanjut  Fakhrudin, Pansus juga merekomendasikan untuk melakukan uji petik terhadap pengadaan barang di SKPD.

“Tujuannya untuk menata pengadaan barang tahun berikutnya, agar tidak terjadi pemborosan anggaran dan kami juga berharap untuk setiap SKPD agar dapat menjaga aset yang sudah ada,”harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, saat menyampaikan pendapat akhir kepala daerah mengapresiasi kinerja pansus yang sudah membahas LKPj dengan seksama.

“Saya ucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik ini, begitu juga dengan saran dari DPRD, saya berharap kepada organisasi perangkat daerah (OPD) dapat menindaklanjuti saran dari DPRD,”tandas Samsul

Rapat paripurna yang dihadiri sebanyak 41 anggota DPRD itu, dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan beserta tiga wakil DPRD yakni Wakil Ketua I Rusli Shoheh, Wakil Ketua II Aris Budianto dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko. Turut hadir  dalam paripurna Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I, Sekda Tanggamus Andi Wijaya, Forkopimda dan seluruh kepala SKPD.(ADV)